5 Fungsi Kerongkongan pada Sistem Pencernaan Tubuh Manusia

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 25 Mei 2022 17:30 WIB
Organ-organ yang membantu untuk mencerna makanan pada manusia.
Sistem pencernaan manusia. Foto: Kamus Visual Biologi
Jakarta -

Fungsi kerongkongan dinilai penting pada pencernaan tubuh manusia. Bentuk kerongkongan sendiri menyerupai tabung yang dibalut otot dan memiliki fungsi utama membawa makanan dari mulut manusia ke lambung.

Kerongkongan memiliki panjang sekitar 25 cm dengan diameter 2,5 cm. Pergerakan kerongkongan saat mendorong makanan ke lambung disebut sebagai gerak peristaltik.

Ujung kerongkongan berbentuk cincin otot yang memiliki fungsi untuk mengatur jalannya makanan masuk ke lambung serta menutup secara otomatis agar mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

Fungsi Kerongkongan dalam Sistem Pencernaan

Dalam buku BUPERI IPA: SMP/MTS Kelas VIII karya Dewi Nur Halimah dijelaskan beberapa fungsi kerongkongan, yaitu:

1. Menelan Makanan

Saat menelan makanan, proses tersebut memicu gelombang peristaltik. Sewaktu gelombang peristaltik membawa makanan ke kerongkongan, cincin otot melemas secara refleks sehingga makanan dapat masuk ke dalam lambung.

2. Mencegah Benda Asing Masuk ke Lambung

Fungsi kerongkongan yang selanjutnya yaitu mencegah benda asing masuk ke lambung. Kerongkongan menjadi satu tempat saat makanan tertelan.

Dengan begitu, kerongkongan memiliki tiga daerah normal penyempitan yang menyebabkan benda asing tersangkut di kerongkongan.

3. Penyalur Makanan dari Mulut ke Lambung

Fungsi utama kerongkongan memang menyalurkan makanan dari mulut ke lambung. Pada leher manusia ada dua jenis saluran yaitu kerongkongan dan tenggorokan.

Kerongkongan berfungsi sebagai pipa penyalur makanan, sedangkan tenggorokan adalah saluran pernafasan sebagai penghubung antara mulut dengan paru paru.

4. Menghasilkan Gerak Peristaltik

Dalam kerongkongan, makanan tidak langsung tertelan melainkan melewati beberapa proses. Proses tersebut karena adanya otot-otot yang menghasilkan gerak peristaltik dan menyebabkan dinding berkontraksi secara perlahan hingga makanan terdorong ke lambung.

5. Mencegah Laju Isi dan Cairan Lambung

Dalam lambung, ketika terjadi proses pencernaan maka ia akan menghasilkan asam. Asam tersebut di antaranya asam klorida dan enzim yang memiliki fungsi membantu proses pencernaan.

Asam klorida dan enzim biasa disebut dengan asam lambung. Dengan adanya penyempitan di cincin otot di kerongkongan maka akan mencegah masuknya cairan lambung ke kerongkongan.

Nah, itulah lima fungsi kerongkongan pada pencernaan tubuh manusia. Semoga bermanfaat ya, detikers!



Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia