Faktor-faktor yang Mempengaruhi Besarnya Tekanan dan Penerapan Konsepnya

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 25 Mei 2022 14:15 WIB
Womans hand cut red onions on cutting board in home kitchen
Mata pisau dibuat tajam untuk memperbesar tekanan. Foto: iStock
Jakarta -

Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan sering kita jumpai dalam mata pelajaran fisika. Pengertian tekanan sendiri mengacu kepada gaya yang bekerja pada bidang per satuan luas.

Melansir dari buku Fresh Update Mega Bank Soal IPA SMP yang disusun oleh Tim Guru Eduka, terdapat dua faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan, apa saja?

Kedua faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan adalah gaya tekan dan luas bidang tekan. Faktor-faktor tersebut diperuntukan bagi tekanan benda padat.

Penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari hari bisa dijumpai pada penggunaan sepatu sepak bola. Sol sepatu sepak bola sengaja dibuat tidak merata dan cenderung berupa tonjolan tonjolan.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbesar gaya tekan terhadap tanah. Maka dengan begitu, pemain bola tidak mudah tergelincir saat menapak di tanah.

Selain sol sepatu sepak bola, ada juga mata pisau. Mata pisau sengaja dibuat tajam untuk memperbesar tekanan.

Lalu, adanya sepatu salju dengan alas besar juga merupakan penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari hari. Mereka yang hidup di daerah bersalju membuat sepatu tersebut agar mampu memperkecil tekanan berat tubuhnya terhadap salju.

Selain penerapan konsep tekanan, tekanan juga dibedakan atas benda padat dan zat cair. Cara menghitung tekanan pada benda padat tidak bisa sembarangan, melainkan harus menggunakan rumus.

Rumus tekanan pada benda padat yaitu:

P = F/A

Keterangan:
F = Besar gaya (N)
A = Luas bidang (m2)
P = Tekanan (N/m2)

Sedangkan tekanan pada benda cair disebut dengan tekanan hidrostatis. Tekanan hidrostatis merupakan tekanan yang dialami oleh zat cair dalam kondisi diam.

Faktor faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan pada benda cair yaitu massa jenis zat, percepatan gravitasi bumi dan kedalaman atau ketinggian zat cair.

Adapun rumus tekanan hidrostatis adalah:

Pb = p x g x b

Keterangan:
Pb = Tekanan hidrostatis (N/m2)
p = Massa jenis (kg/m3)
g = Percepatan gravitasi (m/s2)
h = Kedalaman (m)

Itulah faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan beserta penerapan konsepnya. Semoga dapat membantu ya, detikers!



Simak Video "Konsep Multiverse dalam Sudut Pandang Agama"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia