Sulit Fokus Kerjakan Satu Tugas? Dikti Beri Tips Melatih Monotasking

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 14:30 WIB
Shot of two young women using a laptop together in a college library
ilustrasi mahasiswa belajar. Foto: iStock
Jakarta -

detikers mungkin kalian lebih sering mendengar multitasking dari pada monotasking. Tahukah kalian apa itu monotasking? Sebenarnya apa itu monotasking?

Monotasking merupakan tindakan yang berfokus melakukan satu tugas atau satu kegiatan saja. Hal ini dilakukan dengan perhatian penuh dalam satu waktu.

Monotasking bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi, menumbuhkan disiplin dalam diri, dan menghemat waktu.

Bagaimana cara melatih monotasking? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Ditjen Dikti:

Tips Melatih Monotasking

1. Memetakan kegiatan dan mengalokasi waktu dengan jelas

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal pekerjaan berdasarkan prioritas. Lakukanlah setiap hal yang telah disusun dengan disiplin agar dapat menyelesaikan pekerjaan secara teratur.

2. Mengurangi Gangguan Konsentrasi atau Distraksi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari dan menciptakan tempat bekerja yang nyaman, menjauhkan diri dari distraksi yang menghambat fokus kalian.

3. Menjadikan Waktu Istirahat Berkualitas

Menjadikan waktu untuk istirahat yang berkualitas dapat dilakukan dengan tidur yang cukup. Menurut penelitian, hal itu akan berpengaruh langsung pada peningkatan performa kerja hingga 23 persen.

Lantas apa bedanya monotasking dan multitasking?

Monotasking adalah tindakan melakukan satu aktivitas dalam satu waktu. Sedangkan multitasking merupakan tindakan melakukan lebih dari satu aktivitas dalam satu waktu.

Tips Meningkatkan Fokus

1. Berhenti Multitasking

Berhentilah melakukan banyak hal sekaligus. Jika ingin tetap fokus maka sebaiknya lepaskan semua gangguan yang kita miliki. Kerjakanlah secara perlahan-lahan dan satu-satu.

Jika terus melakukan multitasking, maka konsentrasi kita akan terus-menerus terpecah.

2. Olahraga

Olahraga penting untuk meningkatkan fokus. Olahraga dengan teratur dapat meningkatkan kesehatan otak dan berguna dalam waktu jangka panjang.

Olahraga sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan berjalan kaki setiap pagi. Lakukanlah olahraga 30 menit setiap hari. Olahraga juga dapat berdampak baik untuk kesehatan mental seseorang.

3. Istirahat

Tips untuk meningkatkan fokus yang ketiga adalah beristirahat dengan cukup. Ketika seseorang beristirahat dan bermimpi, beberapa ingatan akan muncul.

Sebagian kemudian hilang. Sedangkan sisanya akan tergabung dan disimpan. Bila tidak tidur, seseorang akan sulit mengingat.

4. Meditasi

Nah tahukah kalian jika bermeditasi dapat memfokuskan pikiran kita? Caranya berlatihlah untuk mengatur napas dengan menarik napas kemudian hembuskan secara perlahan-lahan.

Lakukanlah selama 20 menit saat bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

5. Hindari Perut Kosong

Lapar adalah salah satu alasan mengapa seseorang sulit konsentrasi. Jangan acuhkan rasa lapar.

Jika lapar makanlah, kembali lakukan aktivitas setelah perut terisi atau ditemani dengan makan ringan sehingga dapat berkonsentrasi kembali. Hal yang perlu diingat juga, sehabis makan jangan langsung tidur ya detikers!

Nah itulah yang dimaksud dengan monotasking. Jangan lupa dicoba pelan-pelan ya detikers!



Simak Video "Biar Awet! Ini Cara Merawat Motor Matik di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia