Hukum Wudhu di Kamar Mandi atau Toilet dan Hal-hal Makruh saat Bersuci

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 14:45 WIB
Ilustrasi wanita wudhu
Hukum wudhu di toilet atau kamar mandi, boleh? Foto: Tripa Ramadhan/Detikcom
Jakarta -

Hukum wudhu di toilet mungkin jadi pertanyaan tiap muslim. Pasalnya, tempat wudhu kerap ditemukan jadi satu dengan toilet atau kamar mandi. Kadang keran air di toilet atau kamar mandi jadi alternatif, jika tempat wudhu penuh.

Bagaimana hukum wudhu di kamar mandi atau toilet?

Kamar mandi atau toilet sesungguhnya adalah tempat manusia buang hajat dan membersihkan diri. Islam mengajarkan beberapa adab saat sedang buang hajat di kamar mandi atau toilet.

Rasulullah SAW dalam hadits dikisahkan tidak menjawab salam saat sedang buang air kecil

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

Artinya: "Ada seseorang yang melewati Rasulullah SAW dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya." (HR Muslim).

Ucapan salam seorang muslim adalah doa dan harapan untuk saudaranya. Doa dan harapan juga dipanjatkan saat sedang wudhu. Jika salam saja tidak dijawab, mungkinkah rangkaian doa diucapkan saat sedang wudhu?

Dikutip dari buku Fiqih Islam wa Adilatuhu Jilid 1 karya Prof Dr Wahbah Az-Zuhaili, seorang muslim tak perlu khawatir jika harus wudhu di toilet atau kamar mandi. Apalagi dalam situasi yang tidak memungkinkan dengan fasilitas terbatas.

"Berwudhu di tempat yang najis adalah makruh. Hal ini supaya ia tidak terkena najis. Ulama Hanafi menambahkan, makruh juga berwudhu menggunakan air lebihan," tulis buku tersebut.

Dalam buku tersebut dijelaskan, tidak ada ketentuan yang jelas-jelas melarang wudhu di toilet atau kamar mandi. Namun dikutip dari buku 100++ Tanya Jawab Seputar Bersuci, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan muslim.

Misal, niat dan ucapan doa selama wudhu bisa diucapkan dalam hati. Terkait ucapan Bismillah ada yag berpendapat bisa dikatakan dengan jelas, bila tempat wudhu terpisah dengan toilet atau kamar mandi meski dalam satu lokasi.

Selain hukum wudhu di toilet atau kamar mandi, ada beberapa aturan lain yang sifatnya makruh saat bersuci. Berikut daftarnya:

1. Menggunakan air berlebihan

2. Menyemprotkan air dengan kuat ke muka dan anggota tubuh lain

3. Berbicara

4. Minta tolong tanpa sebab yang jelas sehingga cenderung merepotkan

5. Mengusap leher

6. Berlebihan saat kumur atau memasukkan air dalam hidung, apalagi jika sedang puasa

7. Menggunakan air yang terlalu panas, dingin, atau dalam wadah berkarat.



Simak Video "Susi Air Kecelakaan di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia