Wawasan Nusantara: Pengertian, Tujuan, Asas, dan Implementasinya

Afifah Rahmah - detikEdu
Jumat, 20 Mei 2022 14:00 WIB
peta indonesia
Foto: istimewa
Jakarta -

Setiap negara memiliki tujuan, cita-cita, dan visi bangsa yang menjadi landasan dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Begitupun Indonesia yang masyarakatnya meliputi berbagai etnis. Maka untuk mewujudkannya diperlukan wawasan nusantara sebagai cara pandang nasional bagi seluruh rakyatnya.

Berdasarkan Ketetapan MPR Tahun 1993 dan 1998 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN), wawasan nusantara merupakan wawasan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Konsepsi wawasan nusantara ini penting untuk diinterpretasikan oleh masyarakat guna menjaga keutuhan dan mempertahan kedaulatan Indonesia sebagai negara kesatuan bercirikan nusantara. Lantas, apa itu wawasan nusantara?

Pengertian Wawasan Nusantara

Dikutip dari buku Wawasan Nusantara dalam Konteks NKRI yang disusun oleh Tolib (2020), wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang beragam berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Konsep pandangan ini diterapkan sebagai upaya menyatukan keberagaman yang ada dengan mengutamakan persatuan bangsa dan kesatuan wilayah untuk menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara agar tujuan nasional dapat tercapai.

Selaras dengan definisi wawasan nusantara yang dituturkan dalam GBHN 1998 yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terkait diri dan lingkungannya dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Tujuan Wawasan Nusantara
Dalam buku Pendidikan Kewarganegaraan yang disusun oleh Fidya Arie Pratama, tujuan wawasan nusantara adalah:

Terwujudnya nasionalisme tinggi di setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia
Meningkatkan rasa paham dan semangat kebangsaan dalam jiwa bangsa Indonesia
Mendahulukan kepentingan nasional daripada kepentingan individu, kelompok golongan, atau suku bangsa
Kepentingan kelompok, golongan lainnya harus dihormati dan diikuti selama tidak bertentangan dengan kepentingan nasional
Tercapainya pembangunan nasional yang meliputi perwujudan wilayah nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, dan sosial budaya.

Asas Wawasan Nusantara
Adapun asas wawasan nusantara adalah sebagai berikut:
Kepentingan yang sama yaitu tercapainya kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik daripada sebelumnya.
Keadilan yaitu kesetaraan dalam pembagian hasil dengan adil, jerih payah dari kegiatan baik perorangan, golongan, kelompok maupun daerah.
Kejujuran yaitu keberanian berpikir, berkata, dan bertindak sesuai realita.
Solidaritas yaitu sikap saling percaya, saling memberi, dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.
Kerja sama yaitu sikap saling berkoordinasi dan saling membantu yang didasarkan atas kesetaraan.
Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama yaitu sebagai tonggak terciptanya persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan nusantara.

Implementasi Wawasan Nusantara
Fungsi wawasan nusantara adalah sebagai arahan, pedoman, acuan dan tuntutan bagi setiap rakyat Indonesia untuk menjaga kesatuan NKRI. Maka hal tersebut harus diimplementasikan atau diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Implementasi wawasan nusantara dapat tercermin lewat pola pikir, sikap, dan tindakan masyarakat. Selain itu penerapannya berorientasi pada kepentingan rakyat dan wilayah Tanah Air secara menyeluruh.

1. Politik


Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan politik akan menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat dan dinamis. Hal ini ditunjukkan dengan wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif, dan dipercaya memegang kedaulatan rakyat.

2. Ekonomi

Menciptakan kehidupan ekonomi yang terjamin pemenuhan dan meningkatkan kesejahteraan serta kemakmuran rakyat dengan merata dan adil. Implementasi wawasan nusantara dalam bidang ekonomi dapat dicerminkan melalui tanggung jawab pengelolaan sumber daya alam dan memperhatikan kebutuhan masyarakat juga kelestarian sumber daya itu sendiri

3. Kehidupan Sosial Budaya


Penerapan wawasan nusantara di bidang sosial budaya akan menciptakan sikap saling menerima dan menghormati segala perbedaan. Dengan begitu, akan tercipta kehidupan masyarakat yang bersatu tanpa membeda-bedakan suku, daerah, agama, atau golongan lainnya.

4. Pertahanan Keamanan (Hankam)

Wawasan nusantara dapat menumbuhkan kesadaran cinta Tanah Air dan bangsa yang tercermin dari sikap bela negara. Ini akan menjadi modal utama yang akan menggerakkan partisipasi setiap warga negara Indonesia dalam menanggapi setiap bentuk ancaman atau setiap gejala yang membahayakan keselamatan bangsa dan kedaulatan negara.



Simak Video "Hari Lahir Pancasila, Apa Mereka Hafal Pancasila?"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia