Kenali Jenis Ular Berbisa yang Paling Mematikan di Dunia

Devi Setya - detikEdu
Rabu, 18 Mei 2022 21:00 WIB
Ular Berbisa di Dunia - Ular Derik
Foto: (iStock)
Jakarta -

Semua orang pasti mengetahui binatang yang satu ini. Ular adalah binatang melata yang dapat mematikan, baik dengan cara melilit ataupun dengan bisanya yang sangat berbahaya. Maka tidak heran, banyak orang yang menghindari binatang ini.
Faktanya, ular memang dapat mematikan. Bukan hanya untuk hewan atau binatang lain, tapi juga untuk manusia.

Setiap tahunnya, ada sekitar 5,4 juta orang yang digigit oleh ular. Dari jumlah gigitan ular sebanyak itu, 81 ribu diantaranya menyebabkan kematian dan 138 ribu mengharuskan korbannya operasi amputasi.

Bisa dari ular biasanya digunakan sebagai bentuk pertahanan diri ketika mereka merasa terancam. Ular juga ingin dibiarkan sendiri dan sesungguhnya menghindari pertemuan dengan manusia. Hanya saja, kita harus tetap berhati-hati apabila bertemu dengan ular.

Tidak semua ular yang berbisa dan mematikan bisa kita kenali dengan baik. Untuk itu, kita perlu mengenali ular yang berbisa dengan baik sehingga dapat menghindarinya.

Berikut beberapa jenis ular berbisa yang paling mematikan di dunia:

1. Inland Taipan

Ular ini adalah ular yang dianggap paling berbisa di dunia. Inland taipan hidup di Australia dan sebenarnya termasuk jenis hewan langka. Hanya saja, jika ia diprovokasi sekali saja, bisa akan keluar dari mulutnya.

Ular ini banyak hidup di hutan belantara sehingga kemungkinan kecil bertemu manusia. Ular ini hanya agresif jika bertemu makanan kesukaannya, yaitu tikus berbulu panjang.

2. Black Mamba

Ular yang memiliki nama latin Dendroaspis Polylepis ini hidup di sabana, pegunungan, dan hutan di Gurun Sahara bagian selatan dan timur. Black Mamba bukan berarti ia memiliki warna hitam. Hitam berasal dari warna di dalam mulutnya.

Sebenarnya, Black Mamba tidak akan menyerang. Hanya saja, ia sangat agresif dalam membela diri. Kepalanya akan terangkat dan bergerak dengan cepat jika bertemu dengan musuh atau sesuatu yang mengancam.

3. Boomslang

Ular yang pandai menyamar ini hidup di benua Afrika bagian tengah dan selatan. Kemampuan menyamarnya sangat baik dan dapat dengan mudah merubah warna tubuhnya.

Boomslang memiliki taring di dalam mulutnya. Yang menyeramkan adalah, ular ini terlihat seolah-olah sedang mengunyah mangsanya saat menyerang. Kemudian ia melipat mulutnya kembali.

Obat Keracunan Logam Ternyata Bisa Selamatkan Korban Gigitan Ular BerbisaIlustrasi ular berbisa Foto: DW (News)

4. Blue Malayan Coral Snake

Jangan pernah terjecoh dengan warna cantik yang ada pada ular ini. Warnanya sangat indah dengan sepasang garis biru muda dengan tubuh berwarna biru-hitam, dan kepala hingga ekornya berwarna merah-oranye.

Tapi dibalik itu, ada bisa yang sangat beracun. Korban yang terkena bisa dari ular ini akan mengalami kejang tak terkendali. Ular ini biasa ditemukan di Thailand, Kamboja, Malaysia, Singapura, dan bagian barat Indonesia.

5. Saw-Scaled Viper

Ular beludak gergaji alias Echis Carinatus adalah ular yang hidup di Afrika bagian utara, Timur Tengah, Afghanistan, dan sebagian besar India, Pakistan, dan Sri Lanka.

Ular ini biasanya keluar pada saat malam hari dan memiliki gerakan pertahanan menyerupai angka 8, lalu ia berputar dengan kuat dan cepat. Ia juga dikenal memiliki bisa yang sangat mematikan.

Beberapa jenis ular mematikan lainnya bisa dilihat di sini ya, Detikers!



Simak Video "Ular Piton Terbesar di Florida Ditemukan"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia