Bukan Cuma Pantau Hilal, POB Yogya Resmi Jadi Sarana Edukasi Ilmu Falak

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 18 Mei 2022 19:00 WIB
POB Yogya Didorong Jadi Sarana Edukasi Ilmu Falak
Pos Observasi Bulan (POB) Yogya didorong menjadi sarana edukasi ilmu falak. (Dok. Kemenag)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) meresmikan pengoperasian Pos Observasi Bulan (POB) di Bantul, Yogyakarta pada Selasa (17/5/2022). Pos tersebut tidak hanya difungsikan untuk memantau hilal, namun juga digadang menjadi sarana edukasi ilmu falak bagi masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kamaruddin Amin saat menghadiri peresmian POB tersebut. "Tentu pengoperasian Pos Observasi Bulan tidak hanya saat rukyatul hilal sebanyak tiga kali dalam satu tahun, tetapi juga untuk mencerahkan dan mengedukasi masyarakat yang ingin belajar ilmu falak," kata Kamaruddin dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Penggunaan POB sebagai sarana edukasi ilmu falak ini bukan tanpa alasan. Kamaruddin mengatakan, minat belajar masyarakat terhadap ilmu falak cenderung menurun.

Padahal, menurut Kamaruddin, ilmu falak termasuk dalam salah satu cabang ilmu yang memegang peranan penting dan fundamental. Khususnya dalam kegunaan bagi peribadatan umat muslim.

"Apalagi kita tidak bisa melaksanakan tugas kehambaan dan kekhalifahan tanpa ilmu falak. Melalui ilmu falak ini kita bisa melaksanakan berbagai ibadah," tutur dia.

Untuk itu, Kamaruddin berharap, kehadiran POB yang berlokasi di kompleks Syekh Bela Belu di Dusun Grogol X, Desa Parangtritis tersebut dapat menarik minat masyarakat kembali pada ilmu falak. Sekaligus menjadi langkah afirmasi Kemenag untuk memastikan ilmu falak tetap diminati masyarakat.

"Jika dibuka untuk para santri, siswa-siswi, mahasiswa, dan masyarakat untuk mengamati bulan, tentu akan meningkatkan minat dan motivasi dalam mempelajari ilmu falak," terang Kamaruddin.

Peresmian pos edukasi ilmu falak ini juga turut dihadiri oleh sejumlah pihak dari Kemenag. Seperti, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Adib, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah M. Adib, Direktur Penerangan Agama Islam Syamsul Bahri, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor, dan Kakanwil Kemenag Provinsi DIY Masmin Afif beserta jajarannya.



Simak Video "Hasil Pengamatan Kanwil Kemenag DKI, Posisi Hilal Capai 4 Derajat"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia