Ekosistem Buatan: Pengertian, Karakteristik Beserta Contohnya

Anisa Rizki - detikEdu
Rabu, 11 Mei 2022 16:00 WIB
Petani memanen padi yang terendam banjir di Desa Nusadadi, Sumpiuh, Banyumas, Jateng, Jumat (18/22/2022). Ratusan hektar padi siap panen rusak terendam banjir yang kembali menggenangi rumah warga dan area persawahan, akibat hujan deras pada Jumat (18/3/2022) dini hari. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Jakarta -

Suatu hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan benda benda tak hidup (komponen abiotik) di sekitarnya seperti air, tanah, udara, suhu diartikan sebagai ekosistem. Ekosistem sendiri tersusun atas satuan makhluk hidup mulai dari individu, populasi hingga komunitas.

Pengertian Ekosistem Buatan

Berdasarkan buku IPA Biologi Jilid I yang disusun oleh Saktiyono, secara garis besar ekosistem terbagi menjadi dua yaitu alami dan buatan. Pembagian ini ditinjau dari proses terbentuknya.

Ekosistem alami merupakan ekosistem yang terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia. Ekosistem alami dibedakan menjadi dua yaitu darat dan perairan.

Sedangkan ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia. Rantai makanan dalam ekosistem buatan tidak sekompleks ekosistem alami.

Karakteristik Ekosistem Buatan


Mengutip dari buku Ilmu Lingkungan karya Surya Hermawan, ekosistem buatan memiliki ciri atau karakteristik tersendiri. Karakteristik yang dimaksud yaitu kurang heterogen sehingga bersifat labil.

Maka dari itu, dalam membuat ekosistem buatan dibutuhkan bantuan energi dari luar yang harus diusahakan oleh manusia. Jadi, ekosistem tersebut tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa bantuan manusia.

Contoh nyatanya seperti kebun binatang. Kebun binatang adalah ekosistem buatan. Jika manusia tidak campur tangan dalam menjaganya, maka ekosistem tersebut akan mati seiring berjalannya waktu.

Contoh Ekosistem Buatan


1. Sawah

Sawah merupakan ekosistem buatan yang sengaja dibuat manusia sehingga memudahkan proses menanam pangan seperti padi. Nantinya padi akan menjadi beras yang merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia.

Pada sawah, komponen biotiknya yaitu padi, rumput, hewan hewan seperti katak, keong dan cacing. Sedangkan komponen abiotiknya yakni tanah, air, batu, udara serta cahaya.

2. Kolam

Kolam adalah salah satu contoh ekosistem buatan yang dibentuk dengan tujuan sebagai hiasan. Komponen biotik di kolam sendiri yaitu ada ikan, katak, cacing dan lain sebagainya.

Lalu komponen abiotiknya ada air sebagai media hidup ikan dan makhluk biotik lainnya, lalu ada tanah, batu dan cahaya matahari.

3. Kebun Binatang

Contoh nyata dari ekosistem lainnya yaitu kebun binatang. Kebun binatang sengaja dibuat menyerupai alam liar.

Komponen biotik yang terdapat di kebun binatang yaitu beragam hewan darat, air ataupun udara. Sedangkan komponen abiotiknya ada air, tanah, batu, cahaya dan masih banyak lagi.



Simak Video "Upaya Indonesia Bersihkan Sampah yang Mengancam Ekosistem Mangrove"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia