6 Fakta Meerkat, Hewan Lucu Inspirasi Timon dalam Film The Lion King

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 08 Mei 2022 20:00 WIB
Mamalia lucu di Jakarta Aquarium.
Hewan Meerkat. Foto: (Jakarta Aquarium)
Jakarta -

detikers apakah kalian hobi menonton kartun? Jika iya kalian pasti sudah akrab dengan hewan yang satu ini. Hewan meerkat muncul sebagai karakter Timon di kartun Lion King. Ia merupakan sahabat dari Simba si tokoh utama.

Meerkat dieja mierkat merupakan anggota hewan penggali dari famili luwak. Meerkat ditemukan di barat daya Afrika. Hewan ini memiliki postur tegak seperti penjaga saat mengawasi pemangsa.

Meerkat memiliki postur wajah kecil yang runcing, telinga kecil, dan penutup mata hitam. Panjang tubuhnya sekitar 29 centimeter. Memiliki ekor yang halus dan runcing sepanjang 19 centimeter.

Warna meerkat bervariasi dimulai dari gelap hingga abu-abu muda atau cokelat, dengan garis gelap lebar di bagian belakang dan ekor berujung hitam. Hewan ini juga mudah dijinakkan dan terkadang dipelihara sebagai hewan peliharaan untuk membunuh hewan pengerat.

Apa saja fakta unik meerkat? Berikut penjelasannya yang dikutip dari akun Instagram Kemdikbudristek:

Fakta Unik Meerkat

1. Hidup dengan Sistem Kerajaan

Sistem hidup meerkat menggunakan kerajaan. Maksudnya meerkat https://www.detik.com/tag/meerkat hidup di dalam lubang tanah dan berkelompok. Dalam tiap kelompok biasanya terdiri dari sepasang meerkat alfa, jantan dan betina. Mereka diibaratkan sebagai raja dan ratu.

2. Solid dalam Bekerja Sama

Hewan meerkat termasuk ke dalam hewan yang solid. Hal ini terlihat saat mereka berburu makan. Mereka membagi tugas, ada yang bertugas sebagai penjaga. Mereka juga berdiri dan mengawasi keadaan sekitar.

3. Kebal Racun Kalajengking

Meerkat merupakan hewan omnivor. Mereka memakan serangga, kadal, burung, dan buah-buahan. Meerkat juga memakan kalajengking. Sehingga mereka kebal terhadap racun kalajengking.

4. Bisa Terlibat Perkelahian

Sama seperti hewan-hewan pada umumnya, meerkat juga sering terlibat perkelahian karena mementingkan daerah.

Ketika ada meerkat asing yang masuk ke wilayah meerkat lain, mereka tidak segan menyerangnya.

5. Hanya Keluar Siang Hari

Meerkat berburu mencari makan pada siang hari. Setelah matahari terbit mereka mulai keluar mencari makan.

Meerkat menggunakan indera penciumannya untuk mengetahui lokasi makanan.

6. Punya Tempat Rahasia

Meerkat memiliki tempat rahasia yang disebut bolt holes. Tempat itu digunakan untuk bersembunyi dalam keadaan darurat. Jika mereka tertangkap predator, mereka akan terlihat galak dengan berbaring telentang dan menunjukkan gigi dan cakarnya.

Nah itulah enam fakta unik meerkat. Pernah melihat meerkat detikers?



Simak Video "Meerkat, Binatang dari Anggota Keluarga Luwak asal Afrika"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia