Cerita Lebaran WNI di Houston: Lebih Ramai, Ada Amplop THR untuk Anak anak

Anisa Rizky - detikEdu
Selasa, 10 Mei 2022 09:30 WIB
Cerita Lebaran WNI di Houston, Serasa Idul Fitri di Indonesia
Suasana Lebaran WNI di Houston, Serasa Idul Fitri di Indonesia (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Hifi Widianingrum menceritakan kisahnya merayakan lebaran Idul Fitri 2022 di Houston, Texas, Amerika Serikat. Jika kebanyakan orang mengatakan rindu dengan tradisi Idul Fitri di Indonesia, berbeda dengan Hifi.

Menurutnya, hari raya Idul Fitri yang dilaksanakan di Houston tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Bahkan, tradisi seperti silaturahmi usai salat Idul Fitri juga terdapat di Houston.

"Karena sudah 2 tahun tidak kumpul secara face to face, jadi hari senin kemarin itu banyak sekali orang orang hadir di masjid Istiqlal Houston. Kayaknya mungkin sekitar 600 atau 700." ujar Hifi saat diwawancarai DetikEdu, Senin (9/5/2022).

Perayaan Idul Fitri 2022 di negara bagian Texas sudah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga masyarakat muslim di sana diperbolehkan untuk mengambil libur ataupun cuti. Lebih lanjut Hifi mengatakan, saking ramainya ada beberapa masyarakat yang salat di luar masjid.

Usai melaksanakan salat, layaknya di Indonesia mereka menyediakan makanan seperti lontong, ayam opor, rendang, telur balado, sayur ketupat, kerupuk dan lain sebagainya. Bahkan disediakan goodie bags kecil berisi jelly, permen, kue kering untuk anak anak kecil beserta pembagian amplop yang berisi THR.

"Kita juga lakukan pembagian THR di amplop kecil untuk anak anak, kayak di Indonesia aja. Mereka selama Ramadan kan mengikuti virtual program terus. Jadi itu hadiah untuk mereka." jelas Hifi.

Selama bulan Ramadan, masjid Istiqlal Houston mengadakan berbagai macam kegiatan untuk semua kalangan khususnya anak anak. Salah satu acaranya yaitu Ramadan Kids yang dilaksanakan secara virtual.

Suasana lebaran di Houston hampir sama dengan di Indonesia, bahkan cenderung lebih ramai. Tidak lupa tradisi halal bi halal dan foto foto bersama kerabat serta keluarga.

Hifi menuturkan, Masjid Istiqlal Houston sampai menyediakan photobooth bagi mereka yang ingin berfoto. Uniknya, tidak hanya muslim Indonesia saja yang ikut meramaikan bahkan muslim Amerika sekalipun juga ikut bergabung merayakan Idul Fitri 2022.

"Kalau di Amerika biasanya habis salat Idul Fitri buru buru pulang. Tapi kalau di Houston sini enggak, mereka salat dan setelah itu silaturahmi. Di masjid tuh agak lama, karena kan rumahnya jauh jauhan, jadi alhamdulilah mengobati rasa kangen." kata Hifi.



Simak Video "Jokowi dan Iriana Ucapkan Selamat Idul Fitri 1443 H"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia