Lebaran Mahasiswa RI di Uni Emirat Arab, Tetap Fokus Persiapan Ujian

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 06 Mei 2022 07:00 WIB
Lebaran mahasiswa Indonesia di Uni Emirat Arab.
Foto: Dok Zahra Arramadhoni.
Jakarta -

Menjadi mahasiswa RI yang merayakan Lebaran 2022 di negeri orang, harus menghadapi banyak tantangan. Seperti yang diceritakan Zahra Arramadhoni yang sedang menuntut ilmu di Uni Emirat Arab (UEA).

"Saya harus ujian jadi sekarang sedang mempersiapkan diri. Habis sholat dan silaturahmi dengan teman-teman di asrama langsung persiapan ujian," kata Zahra yang kuliah di Al Qasimia University.

Zahra kini sedang menempuh studi S1 dengan beasiswa dari universitas tempatnya menempuh pendidikan. Usai perayaan Lebaran 2022, Zahra akan menempuh Ujian Akhir Semester (UAS) yang dimulai pada Sabtu (7/5/2022).

Meski begitu, bukan berarti Zahra tidak menikmati momen Idul Fitri. Zahra dan sekitar 40 temannya di asrama telah lebih dulu merayakan Lebaran. Salah satunya dengan takbiran dan makan hidangan khas Idul Fitri.

Pada pagi harinya, Zahra melaksanakan Sholat Ied di masjid yang terletak di lingkungan kampus. Zahra mengatakan, usai Sholat Ied ada undangan silaturahmi dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Dubai. Namun Zahra tak bisa ikut hadir.

Zahra saat ini tinggal di asrama kampus dengan peraturan keluar masuk yang sangat ketat. Tiap mahasiswi yang akan keluar asrama harus disertai pendamping. Dengan aturan tersebut, Zahra tidak bisa keluar sewaktu-waktu.

Rasa kangen tentunya dirasakan Zahra karena harus merayakan Lebaran 2022 terpisah dengan keluarga. Di tengah kesibukan persiapan menghadapi UAS, Zahra menyempatkan diri menelpon keluarga untuk silaturahmi dan melepas kangen.

Terkait harapan di perayaan Idul Fitri tahun ini, Zahra ingin menjadi pribadi yang lebih baik dan diberi kesempatan bertemu dengan orang-orang yang dia sayangi. Menurut Zahra, tidak ada tempat pulang sebaik rumah meski tempat pergi saat ini sangat jauh dan indah.



Simak Video "Melihat dari Langit Ramainya Warga Salat Idul Fitri di JIS"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia