Mutiara Ramadan Nasaruddin Umar: Hargai Tetangga, Rumah Bak Surga

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 01 Mei 2022 20:02 WIB
Jakarta -

Memuliakan dan menghargai tetangga merupakan adab yang perlu ditanamkan pada tiap muslim. Rasulullah SAW sendiri dalam sejumlah hadits diriwayatkan menyamakan kedudukan beriman dengan Allah SWT dan hari akhir dengan memuliakan tetangga.

وَمَنْ كَانَ يُؤمِنُ بِاللهِ وَاْليَومِ الآخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ

Artinya: "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia muliakan tetangganya," (HR Bukhari dan Muslim).

Prof Nasaruddin Umar menyebut, memuliakan tetangga sekitar rumah seakan-akan tengah membangun rumah layaknya surga.

"Kalau tetangga kanan, kiri, depan, belakang tidak dalam (hubungan) baik dengan kita, rumah seperti neraka. Tapi kalau rumah seperti surga, enak sekali berbagi dengan tetangga," kata dia melalui Mutiara Ramadan detikcom yang ditayangkan Minggu (1/5/2022).

Lebih lanjut, imam besar Masjid Istiqlal ini menjelaskan, tetangga pada dasarnya adalah orang terdekat yang akan membantu di kala keadaan darurat atau susah maupun tempat berbagi kebahagiaan. Terutama bagi mereka yang memiliki keluarga dengan lokasi berjauhan.

"Jangan karena kita ada perbedaan (dengan tetangga), kita tidak berbaikan (memiliki hubungan baik) dengan tetangga kita sendiri. Belajarlah untuk bergabung (berbaur) dengan tetangga kita," tutur dia.

Prof Nasaruddin kemudian memberi contoh satu kasus di mana seorang muslim yang mengadakan pesta pernikahan di rumahnya, namun ia enggan mengundang tetangga dekatnya. Hadirin yang diundang justru mereka adalah kerabat jauh dari orang tersebut.

Di samping itu, sosoknya juga diceritakan Prof Nasaruddin sebagai warga yang selalu menutup rapat rumah bila diminta bantuan tetangga. "Dan saat dia wafat, tidak ada (tetangga) yang datang (melayat)," ceritanya.

Padahal, kata Wakil Menteri Agama (Wamenag) pertama ini, seorang muslim dikatakan sebagai orang yang baik ditandai dengan banyaknya orang yang menghadiri takziah ketika ia wafat. Sebab itulah, memuliakan atau menghargai tetangga merupakan adab penting yang perlu ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Di penghujung Ramadan ini, Prof Nasaruddin mengajak umat muslim untuk bersama-sama meningkatkan tali silaturahmi dengan tetangga. Di tambah lagi, ada tingkatan hak bagi tetangga yang dikenal dalam Islam.

Seperti apa tingkatan hak tersebut? Selengkapnya Mutiara Ramadan Prof Nasaruddin Umar dengan tema Menghargai Tetangga DI SINI, ya!

(rah/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia