Daftar 10 Negara Terkecil di Dunia, Sekecil Apa Luasnya?

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 08 Des 2021 19:00 WIB
View of  Principality of Monaco at sunrise
Foto: iStockphoto/Xantana/Negara Monaco
Jakarta -

Banyak yang mengira sebuah negara pasti memiliki wilayah yang luas baik daratan maupun lautannya. Padahal di dunia ini, ada sejumlah negara yang memiliki luas wilayah terkecil, lho.

Dengan lebih dari 194 negara di dunia dan mayoritas negara memiliki wilayah daratan yang luas, nyatanya ada beberapa negara yang sangat kecil. Bahkan cukup kecil dibandingkan kota-kota di negara lain.

Negara tersebut banyak ditemukan di Eropa, Karibia, dan Pasifik. Negara tersebut merupakan wilayah dengan luas kurang dari 400 kilometer persegi.

Lantas apa saja negara terkecil tersebut? Berikut rangkumannya dikutip dari laman World Atlas.

Daftar 10 Negara Terkecil di Dunia:

1. Vatikan

St Peter's BasilicaSt Peter's Basilica di kelilingi Roma Foto: Ardhi Suryadhi/detikTravel

Kota Vatikan adalah negara-bangsa terkecil di dunia, juga disebut negara-kota. Negara ini memiliki keunikan karena terletak di tengah kota Roma, Italia.

Negara Vatikan sebenarnya menempati sekitar kurang dari satu mil persegi atau hanya 0,44 km persegi. Negara ini memiliki populasi antara sekitar 900 dan 1.000 orang.

Kota ini merupakan rumah bagi Tahta Suci, yang merupakan nama lain dari pemerintahan Gereja Katolik Roma. Paus adalah kepala administrasi ini, dan otoritasnya mencakup semua umat Katolik di seluruh dunia.

2. Monaco

View of  Principality of Monaco at sunriseNegara Monaco Foto: iStockphoto/Xantana

Monaco adalah kerajaan berdaulat yang terletak di sepanjang Laut Mediterania, di Riviera Prancis. Prancis mengelilingi Monaco melalui darat, dan Mediterania berada di pantai timurnya.

Dikenal sebagai surga pajak bagi orang yang sangat kaya, Monako juga sangat kecil secara geografis sehingga negara ini menempati sekitar kurang dari satu mil persegi, meliputi 202 hektare atau 1,95 km persegi.

3. Nauru

NauruNegara Nauru Foto: (Reuters)

Hanya 25 mil selatan khatulistiwa, Nauru adalah pulau karang terangkat di barat daya Samudra Pasifik. Luas wilayahnya hanya sekitar 12 mil persegi (21 km persegi) dan memiliki populasi antara 12.000 dan 13.000 orang.

4. Tuvalu

TuvaluNegara Tuvalu Foto: (Getty Images)

Tuvalu menjadi negara terkecil dunia selanjutnya. Negara yang hanya memiliki ketinggian 5 meter di atas permukaan laut ini termasuk ke dalam kepulauan Polinesia dan berada di Samudera Pasifik atau di antara Hawaii dan Australia.

Terdiri dari kepulauan kecil pulau karang di barat-tengah Samudra Pasifik yang mencakup sekitar 25 km persegi luasnya.

5. San Marino

panorama view of ancient fortress of Republic San MarinoNegara San Marino Foto: Getty Images/iStockphoto/pavel068

Terletak sebagai republik yang terkurung daratan di tengah Italia, San Marino adalah rumah bagi sekitar 33.785 orang Sammarinese. Luas negara ini hanya sekitar 61 km persegi.

6. Liechtenstein

Negara LiechtensteinNegara Liechtenstein Foto: (Getty Images)

Terletak di antara Austria dan Swiss, Liechtenstein mencakup sekitar 60 mil persegi (160 km persegi) dan merupakan rumah bagi antara 38.000 dan 39.000 orang.

Pegunungan Alpen mencirikan negara kecil ini sekaligus menjadi roda perekonomian bidang wisata.

7. Kepulauan Marshall

Majuro town centre aerial view, Central Business district, Marshall Islands, Micronesia, Oceania, South Pacific Ocean. Delap, Uliga, Djarrit villages. Azure turquoise atoll lagoon, blue tropical skiesKepulauan Marshall Foto: (iStock)

Selanjutnya ada negara yang diberi nama Kepulauan Marshall dengan luas hanya 70 mil persegi (181 km persegi). Wilayahnya terdiri dari pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 1.000 dan merupakan rumah bagi sekitar 58.500 orang.

8. Saint Kitts And Nevis

Sebuah negara kecil ini terletak di timur Laut Karibia dan memiliki luas sekitar 104 mil persegi (269 km persegi) dan tersebar di dua pulau. Wilayahnya dikelilingi oleh terumbu karang dan sebagian besar penduduknya adalah keturunan Afrika.

9. Maladewa

view of the ocean and the house on waterMaladewa Foto: iStock/Konstik

Maladewa atau Maldives dikenal sebagai salah satu negara paling indah di dunia dengan pantai bak surga, lanskap perkotaan, resort, snorkeling, dan lainnya.

Negara ini terletak di Samudra Hindia antara Indonesia dan Afrika. Negara ini hanya memiliki luas 114 mil persegi atau 297 km persegi dan lebih dari 500.000 orang tinggal di dalamnya.

10. Malta

MaltaMalta Foto: (iStock)

Terletak di tengah Laut Mediterania, Malta adalah negara pulau yang telah diperintah oleh semua orang mulai dari Romawi dan Yunani, hingga Arab, Sisilia, Prancis, Inggris, dan banyak lagi.

Diakui ke Uni Eropa pada tahun 2004, Malta sekarang memiliki salah satu kepadatan penduduk tertinggi di dunia. Namun negara ini hanya memiliki luas sekitar 316 km persegi.

Nah, itulah daftar 10 negara terkecil di dunia. Kalau detikers sudah pernah dengar nama-nama negara yang mana saja?



Simak Video "Belanja Negara RI 2023 Rp 2.979 T, Pendapatan Rp 2.382 T"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia