Ramadan Mahasiswa RI di Uni Emirat Arab, Kuliah jadi Cuma Satu Jam

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 28 Apr 2022 07:00 WIB
Kisah mahasiswa Ri di UEA Zahra Arramadhoni saat puasa Ramadan.
Kisah mahasiswa RI di UEA Zahra Arramadhoni saat puasa Ramadan. Foto: Dok Zahra Arramadhoni.
Jakarta -

Pengalaman puasa Ramadan di tiap negara selalu memberikan cerita berbeda. Zahra Arramadhoni yang kini sedang menuntut ilmu di Al Qasimia University, UEA, mengisahkan pengalamannya saat kuliah.

"Di sini (Uni Emirat Arab/UEA) kuliahnya jadi satu jam, paling lama 1,5 jam jika biasanya disampaikan dalam waktu dua jam," kata Zahra yang tengah menyelesaikan pendidikan S1.

Sekilas, kuliah berlangsung singkat terlihat menyenangkan. Namun faktanya tidak seperti itu, karena mahasiswa harus belajar sendiri untuk memahami materi kuliah dari para dosen.

Zahra juga menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan tugas kuliah. Tak heran jika mahasiswa yang sempat mengenyam pendidikan di pondok pesantren ini kadang tak tidur, demi belajar dan menuntaskan tugas kampus.

Meski begitu, mahasiswa asal Bekasi, Jawa Barat ini, tak perlu khawatir tentang sahur dan buka puasa. Zahra mengatakan, makanan selama puasa Ramadan dan urusan domestik sehari-hari diselesaikan pihak asrama kampus tempatnya tinggal.

Makanan yang tersedia biasanya terdiri dari hidangan khas wilayah Arab. Zahra bisa sesekali keluar asrama untuk membeli hidangan khas Asia Tenggara, namun harus izin terlebih dulu. Zahra juga disertai pendamping jika harus keluar asrama.

UEA, layaknya negara lain di tanah Arab, mengumandangkan azan saat tiba waktu sholat. Pusat perbelanjaan atau mall pun memperdengarkan panggilan sholat sesuai jadwal. Panggilan azan ini tentunya berlanjut saat Ramadan.

Dengan semua kemudahan dan menjalankan puasa Ramadan di UEA, tetap ada yang berbeda dengan Indonesia. Menurut Zahra perbedaan terletak pada rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang sangat tinggi di tanah air.

"Di UEA cenderung individualis, semua ngurusin keperluannya sendiri. Di Indonesia masih ada kekeluargaan jadinya kerasa beda banget," kata Zahra yang baru 6 bulan tinggal di asrama kampus setelah sebelumnya kuliah online.

Zahra menyempatkan diri untuk video call keluarga sedikitnya seminggu sekali, untuk menanyakan kabar dan melepas kangen. Kendati kangen keluarga dan harus menghadapi kondisi yang berbeda, Zahra berharap puasa Ramadan pertamanya di UEA bisa berjalan dengan baik.



Simak Video "PM Israel Temui Sheikh Mohamed bin Zayed, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia