Fresh Graduate, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Agar CV Dilirik HRD

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 26 Apr 2022 09:00 WIB
A blank curriculum vitae format with a pen and spectacle
Foto: Istock/Manjurul/Fresh Graduate, Ini 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Agar CV Dilirik HRD
Jakarta -

Salah satu persiapan yang penting dipelajari lulusan kuliah baru atau fresh graduate adalah belajar menulis curriculum vitae (CV) yang baik. Hal ini penting agar CV yang dibuat bisa dilirik oleh perekrut atau HRD.

Banyak orang menganggap menulis CV adalah hal yang gampang. Namun, alih-alih menyepelekan, fresh graduate perlu memahami tipsnya agar bisa lolos ke tahap selanjutnya saat melamar kerja.

Dalam sebuah webinar TORAKS yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (UNAIR), narasumber human resources development (HRD), Rezza Citraini membeberkan tips menulis CV sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Citra juga mengenalkan perbedaan antara CV dan resume. Menurutnya, secara garis besar keduanya sama-sama digunakan untuk melamar pekerjaan. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam hal isi.

"CV tidak ada batasan, tapi CV yang ideal umumnya hanya dua sampai tiga lembar sudah cukup. Kemudian perbedaan lainnya antara CV dan resume adalah kalau resume hanya satu lembar saja, lalu ada bagian referensi yang mencantumkan kontak-kontak tertentu seperti dosen pembimbing atau atasan jika sempat magang selama menjadi mahasiswa," ujarnya dikutip dari laman resmi Unair, Senin (25/4/2022).

Untuk bisa membuat CV yang dilirik HRD, Citra menjelaskan perlu menghindari beberapa kesalahan, di antaranya adalah sebagai berikut.


5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Menulis CV:


1. Typo

Citra mengatakan bahwa yang harus dilakukan pertama adalah hindari penulisan CV dengan kesalahan penulisan. Hal ini lantaran ketelitian sangat diperhitungkan dan dinilai bagi HR.

"Seorang HR sangat menilai ketelitian dari CV yang masuk seleksi. Ketikan sangat dinilai," tuturnya.


2. Membuat CV dengan format terlalu kreatif

Bagi Citra, CV kreatif tidak salah dibuat dan dipakai untuk melamar pekerjaan. Namun, harus juga mengetahui mengenai perusahaan atau tempat CV akan dikirimkan lantaran sangat berpengaruh.

Tak jarang, CV yang kreatif juga bisa tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.


3. Menulis sesuatu yang tidak valid

Hindari memalsukan hal-hal yang dituliskan dalam CV. Karena hal tersebut bakal merugikan kandidat.

Berdasarkan pengalaman Citra, kandidat yang sengaja memalsukan pengalaman di CV lantaran sudah capek sering kali tidak mendapatkan panggilan kerja.

"Mungkin ada kandidat yang sudah capek dan sengaja memalsukan pengalaman. Namun, akan menyulitkan kandidat apabila ketika dites tidak bisa ataupun setelah diterima ternyata tidak sesuai dengan apa yang ditulisnya di dalam CV. Untuk itu jangan menuliskan sesuatu yang tidak valid," terangnya.


4. Membuat satu CV untuk semua posisi

Meski kamu harus melamar banyak pekerjaan namun penting untuk menghindari menulis dan membuat hanya satu CV untuk melamar berbagai posisi pekerjaan. Usahakan membuat CV dengan memperhatikan posisi yang sedang dilamar.


5. Menulis CV terlalu panjang

Idealnya, CV hanya terdiri dari dua sampai tiga lembar saja. Tidak disarankan melebihi batas tersebut.

Maka dari itu, tuliskan hal-hal yang dirasa perlu dan relevan, serta hindari informasi yang dirasa tidak perlu dicantumkan.

Itulah 5 kesalahan yang harus dihindari saat menulis CV agar bisa dilirik HRD. Semoga membantu ya, detikers!



Simak Video "Tips dan Trik Tentukan Gaji Untuk Fresh Graduate"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia