Mahasiswa, Perhatikan Tips Bikin CV ATS Friendly agar Lolos Magang

Nikita Rosa - detikEdu
Kamis, 14 Apr 2022 14:30 WIB
contoh cv menarik
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Program magang sedang ramai diincar oleh mahasiswa. Bagaimana tidak, kualifikasi dunia kerja yang semakin tinggi membuat mahasiswa aktif harus mencari pengalaman magang sebanyak-banyaknya.

Magang ditujukan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang dipelajari pada bangku kuliah ke dunia nyata. Program ini semakin didukung dengan peluncuran Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemenristekdikbud).

Akan tetapi, masih banyak yang belum tahu bagaimana membuat Curriculum Vitae (CV) yang disenangi oleh perekrut. Ternyata perusahaan-perusahaan besar kini telah menerapkan sistem untuk menyeleksi CV. Jadi jika CV kamu tidak masuk kriteria yang dibuat sistem, maka besar peluang kamu untuk ditolak.

Sistem ini dikenal dengan Applicant Tracking System (ATS). ATS adalah sebuah software yang digunakan dalam proses perekrutan karyawan. Banyak perusahaan besar menggunakan ATS untuk membantu mengumpulkan, membaca, dan menyaring cv dalam jumlah yang banyak sehingga relevan dengan posisi yang dilamar.

Nah, kalau kamu ingin diterima magang oleh perusahaan tersebut maka kamu harus menyusun ulang CV agar sesuai dengan standar ATS. CV jenis ini disebut juga dengan CV ATS friendly.

Bagaimana cara menyusun CV ATS friendly? Berikut tipsnya dari laman Instagram Kampus Merdeka.

Tips Menyusun CV ATS Friendly

1. Menggunakan Font Formal

Gunakan font yang resmi dan mudah terbaca. Font ini antara lain helvetica, arial, georgia, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Layout Sederhana

Layout sederhana akan memudahkan perekrut dalam membaca CV. CV yang terlalu ramai juga akan menyulitkan ATS dalam membaca CV-mu.

3. Menulis Data Terbaru

Tuliskan data dan pencapaian terbaru di dalam CV. Jangan tuliskan pengalaman saat SD atau SMP, ya.

4. Gunakan Kata Kunci yang Relevan dengan Posisi yang Kamu Lamar

Kata kerja ini akan memudahkan perekrut dalam memahami pekerjaan apa yang sudah kamu lakukan di pekerjaan sebelumnya. Kata kerja yang umum dipakai dalam CV ATS antara lain merancang, mengkoordinir, bertanggung jawab, dan lain sebagainya.

5. Hindari Penggunaan Grafik, Gambar, dan Tabel
Sering ditemukan CV pelamar magang yang mencantumkan grafik, gambar, atau tabel dalam bagian kemampuan.

Hal ini harus dihindari dalam CV ATS, karena kemampuan sebaiknya dituliskan dalam format kuantitatif dan diluncurkan oleh lembaga resmi seperti mendapat skor TOEFL 550 atau sertifikasi keterampilan dari lembaga.

Nah, itulah tips membuat CV ATS friendly. Jika kamu sudah yakin dengan CV yang kamu buat, kamu bisa langsung melamar magang pada perusahaan yang kamu tuju. Semoga sukses, detikers!



Simak Video "Penyuap Bupati Langkat Hadapi Sidang Vonis Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia