7 Cara Menambah Kecerdasan Spiritual Anak, Bunda Perlu Tahu!

Nikita Rosa Damayanti - detikEdu
Selasa, 19 Apr 2022 21:00 WIB
Ilustrasi ibu dan anak berdoa
Ajarkan agama anak sejak dini. Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto
Jakarta -

Bulan Ramadan bisa jadi momen yang tepat untuk mengajarkan nilai-nilai agama dan membangun kecerdasan spiritual pada anak. Tidak perlu menunggu anak cukup besar, mengajarkan kecerdasan spiritual di usia balita juga bisa, lho.

Meski balita terlalu muda untuk memahami konsep-konsep abstrak, namun mereka secara alami ingin tahu tentang dunia, mudah percaya pada hal-hal yang tidak dapat dilihat, dan hidup hampir seluruhnya pada momen yang sedang berjalan.

Si Kecil mungkin masih tampak masih kecil untuk pengajaran spiritual yang serius. Namun Bunda dapat mulai membangun kecerdasan spiritualnya dengan cara lain. Hal ini untuk memupuk keimanan pada anak sedari dini dan agar anak memiliki semangat beribadah di kemudian hari.

Simak tips membangun kecerdasan spiritual pada anak.

Tips Bangun Kecerdasan Spiritual Anak

1. Perkuat Keyakinan Diri Sendiri

Bunda dapat meluangkan waktu mempertimbangkan jawaban saat anak bertanya pertanyaan-pertanyaan rumit seperti: Menurut Bunda apa yang terjadi ketika seseorang meninggal? Dengan begini, Bunda dapat menjawab pertanyaan anak dengan lebih mantab.

2. Kenalkan Spiritualitas Sejak Dini

Anak kecil belum mengerti siapa Tuhan, tapi mereka juga tidak benar-benar mengerti siapa kakek neneknya. Sama seperti anak, Bunda akan meyakini bahwa nenek atau kakek adalah orang penting dalam hidupnya bahkan jika dia jarang melihat, dia juga akan meyakini keberadaan Tuhan.

3. Gunakan Kegiatan Sehari-hari Untuk Membangun Keceriaan Spiritual

Bunda dapat menunjukkan bahwa spiritualitas adalah bagian dari kehidupan sehari-hari dengan memasukkannya ke dalam tindakan dan kata-kata. Contohnya saat Bunda membuka tirai di pagi hari, Bunda dapat berkata, "Lihat hari yang indah ciptaan Allah ini, Nak." Bunda juga bisa membimbing anak mengucapkan terima kasih kepada Tuhan sebelum makan sebagai ungkapan syukur.

Apa lagi tips tingkatan kercerdasan spiritual anak? Cek di sini.



Simak Video "Orang Tua Sebaiknya Tidak Menekan Anak Saat Belajar di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia