detikKultum Ustaz Das'ad Latif: 4 Kriteria saat Memilih Jodoh, Mana yang Utama?

detikKultum Ustaz Das'ad Latif: 4 Kriteria saat Memilih Jodoh, Mana yang Utama?

Anisa Rizki - detikEdu
Kamis, 14 Apr 2022 17:30 WIB
Jakarta -

Pernikahan adalah salah satu syariat Islam, artinya nikah merupakan sebuah ibadah. Sebelum menikah, tentulah harus memiliki kesuksesan dalam memilih calon.

Jodoh tiap-tiap orang sudah diatur oleh Allah SWT, namun kita memiliki hak untuk menentukan siapa jodoh kita. Lantas, timbul pertanyaan bagaimana kriteria yang baik dalam memilih jodoh dalam Islam?

Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom, Kamis (14/04/2022) mengatakan, Rasulullah SAW menginformasikan terkait hal ini. Baik laki laki maupun perempuan, harus memiliki 4 pertimbangan dan kriteria utama, antara lain:

1. Wajah

Wajah ini menjadi salah satu kriteria yang penting. Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang akan melihat fisik lebih dulu sebelum ingin mengenal lebih lanjut.

Namun, kriteria ini jangan sampai dijadikan prioritas. Sebab, cantik itu sifatnya subjektif.

2. Harta

Mencari jodoh berdasarkan hartanya juga diperlukan. Mapan dapat dijadikan salah satu acuan dalam mencari jodoh.

Tapi tetap saja tidak mampu dijadikan prioritas, hal itu karena harta dan kekayaan mempunyai batas. Tidak abadi ataupun kekal.

3. Keturunan

Keturunan merupakan salah satu kriteria yang harus diperhatikan dalam memilih jodoh. Namun, keturunan tidak dapat dijadikan acuan.

"Ada orang bapaknya nabi, anaknya jadi penghianat. Siapa dia? Nabi Nuh AS. Ada juga yang bapaknya penghianat, anaknya nabi. Siapa dia? Nabi Ibrahim AS. Perlu mencari keturunan baik-baik, tapi tidak boleh kau jadikan pegangan utama." kata Ustaz Das'ad Latif terkait kriteria keturunan dalam memilih jodoh.

4. Agama

Kriteria terakhir yaitu agama. Meskipun terakhir, kriteria yang satu ini dikatakan paling penting oleh Nabi Muhammad SAW.

Dalam memilih jodoh, utamakan agamanya. Karena dengan agama kita akan mendapatkan semuanya.

Itulah 4 kriteria memilih jodoh dalam Islam sesuai anjuran Rasulullah SAW. Semoga dapat memberikan tips untuk detikers dalam mencari jodoh yang baik bagi dunia dan akhirat.

Tentang detikKultum Ustaz Das'ad Latif yang bertema "Tips Memilih Jodoh" selengkapnya bisa ditonton DI SINI.

(lus/lus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia