5 Keutamaan Buah Kurma Berdasarkan Hadits dan Al Quran

5 Keutamaan Buah Kurma Berdasarkan Hadits dan Al Quran

Anisa Rizky - detikEdu
Selasa, 12 Apr 2022 20:00 WIB
Pedagang merapikan buah kurma yang dijual di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (16/5). Menjelang Ramadan, impor kurma mengalami peningkatan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan impor kurma mencapai 49,39%.
Ilustrasi Keutaaan buah Kurma (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Buah kurma merupakan salah satu buah kesukaan Nabi Muhammad SAW. Bahkan Rasulullah sangat mengajurkan agar umat Islam berbuka puasa dengan buah kurma karena bisa membawa berkah.

Disebutkan dalam hadits riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan kurma , sebab kurma itu mendatangkan berkah. Namun apabila tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih."

Ada beberapa manfaat mengkonsumsi buah kurma bagi kesehatan. Dikutip dari buku, "7 Buah-buahan Istimewa dalam Al-Qur'an dan Manfaatnya bagi Kesehatan Manusia" karya Hamid Sakti Wibowo, beberapa manfaat mengkonsumsi buah kurma antara lain mencegah anemia, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah risiko diabetes.

Masih banyak manfaat dan keutamaan kurma lainnya bagi kesehatan tubuh. Namun bagaimana menurut hadits dan Al-Qur'an? Adakah dalil mengenai keutamaan buah kurma?

Melansir dari buku "Mukjizat Kedokteran Nabi; Berobat dengan Rempah dan Buah-buahan" oleh Mahir Hasan Mahmud Muhammad, berikut merupakan 5 keutamaan buah kurma berdasarkan hadits dan Al-Qur'an:

5 Keutamaan Buah Kurma

1. Mencegah lapar

Keutamaan buah kurma yang pertama yaitu mencegah seseorang dari rasa lapar. Ini dikatakan dalam sebuah hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan Muslim.

"Wahai Aisyah, bahwa rumah yang tidak ada kurma di dalamnya merupakan kelaparan bagi penghuninya."

Bahkan Rasulullah SAW juga mengonsumsi buah kurma sebagai menu sarapan pagi. Disebutkan dalam hadits riwayat Imam Ahmad dan Imam Abu Dawud, Anas RA mengatakan bahwa sebelum salat Nabi Muhammad SAW selalu sarapan pagi dengan kurma. Apabila tidak ada kurma matang, maka Rasulullah makan kurma mentah. Namun jika tidak ada kurma mentah, Nabi sarapan dengan air kurma.

2. Disebutkan beberapa kali dalam Al-Qur'an

Buah kurma juga sangat istimewa karena beberapa kali disebutkan dalam Al Quran. Misalnya di dalam Al Quran surat Maryam ayat 25:

وَهُزِّىٓ إِلَيْكِ بِجِذْعِ ٱلنَّخْلَةِ تُسَٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

Artinya: Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

Disebutkan juga dalam Al Quran surat Al Syuara ayat 148

وَزُرُوعٍ وَنَخْلٍ طَلْعُهَا هَضِيمٌ

Artinya: Dan tanam tanaman serta pohon pohon kurma yang mayangnya lembut.

Selanjutnya keistimewaan buah kurma disebutkan dalam Al Quran surat An Nahld ayat 67:

وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ

Artinya: Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minimuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesunggguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan.


3. Baik untuk wanita hamil

Keutamaan kurma lainnya yaitu baik bagi wanita hamil. Hal ini dijelaskan Rasulullah dalam sebuah hadits, sebagaimana dikutip dari "Sehat Gaya Rasul" karya DR. dr. Sagiran, Sp. B., M. Kes.

"Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa. Sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan telah memberikan kepadanya." (HR. Bukhari)

4. Kurma Ajwa berasal dari surga

Selanjutnya, keutamaan buah kurma yakni disebut buah yang berasal dari surga. Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW

"Kurma ajwa itu berasal dari surga, ia adalah obat dari racun." (HR. Ibnu Majah)

5. Sebagai penangkal racun

Mengutip "Ensiklopedia Fiqih Haji dan Umrah (Ed.Revisi)" oleh Agus Arifin, keutamaan buah kurma lainnya yaitu sebagai penangkal racun. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barangsiapa di waktu pagi hari makan 7 butir kurma dari kedua Labah (yaitu batas kota sebelah Timur dan Barat), ia tidak akan kena racun hingga sore hari." (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah 5 keutamaan buah kurma berdasarkan hadits dan Al-Quran.



Simak Video "TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia