detikKultum Ustaz Das'ad Latif: 4 Syarat Perempuan yang Dirindukan Surga (2)

Anisa Rizki - detikEdu
Jumat, 08 Apr 2022 17:30 WIB
Jakarta -

detikKultum edisi Kamis kemarin Ustaz Das'ad Latif telah menjelaskan dua syarat perempuan yang dirindukan surga yakni terkait ibadah salat dan puasa. Nah pada detikKultum sore ini ustaz Das'ad akan menjelaskan syarat ketiga dan keempat yang menyangkut pada kehidupan sehari hari.

Ustaz Das'ad Latif mengatakan, syarat ketiga bagi perempuan jika ingin dirindukan oleh surga yaitu harus menjaga harga dirinya. Terdapat beberapa cara untuk menjaga harga diri seorang perempuan.

Cara yang pertama yaitu tidak keluar rumah tanpa disertai mahramnya. Menurut beliau, perempuan yang menjaga dirinya tidak akan keluyuran tanpa disertai keluarga.

Lalu cara kedua yakni tidak keluar rumah tanpa menutup auratnya. Perempuan yang baik akan menjaga auratnya dan enggan untuk mempertontonkannya.

"Perempuan yang baik itu, dia jaga harga dirinya. Cara jaga harga dirinya jangan kau pertontonkan auratmu, mana aurat perempuan? Seluruh anggota tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan." kata Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum detikcom, Jum'at (08/04/2022).

Kemudian syarat keempat, apabila perempuan tersebut seorang istri maka ia harus mematuhi perintah suami. Menurut Ustaz Das'ad Latif, syarat ini terbilang berat.

"Wanita yang rajin beribadah kepada Allah SWT tapi durhaka kepada suaminya, maka perempuan seperti itu kata nabi jangankan masuk surga detik.com/tag/surga, bahkan baunya surga saja tidak dapat," papar Ustaz Das'ad Latif.

Beliau juga menjelaskan, istri harus patuh kepada suami sebab dijelaskan dalam Al-Qur'an bahwa lelaki merupakan pemimpin bagi perempuan. Usai mengucapkan ijab qabul, apabila sang istri melakukan perbuatan-perbuatan tidak baik seperti meninggalkan ibadah salat, puasa dan enggan menutup aurat, suami juga ikut menanggung dosanya.

Suami berkewajiban menasehati istri karena itu adalah tanggung jawab seorang suami. Maka dari itu istri harus patuh dan mendengar nasihat sang suami.

Itulah beberapa syarat yang dapat dilakukan oleh seorang perempuan agar dapat dirindukan surga. Semoga bermanfaat dan dapat dimaknai dengan cermat.

Selengkapnya penjelasan Ustaz Das'ad Latif dalam detikKultum berjudul perempuan yang dirindukan surga DI SINI.

(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia