8 Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid Beserta Doanya

Kristina - detikEdu
Jumat, 08 Apr 2022 17:00 WIB
Fresh shower behind wet glass window with water drops splashing. Water running from shower head and faucet in modern bathroom.
Ilustrasi mandi wajib setelah haid. Foto: Getty Images/iStockphoto/ben-bryant
Jakarta -

Salah satu syarat puasa Ramadan adalah suci dari haid bagi wanita yang dilakukan melalui mandi. Berikut tata cara mandi wajib setelah haid sebagaimana dijelaskan dalam syariat.

Dikutip dari buku Fiqih Lima Mazhab yang ditulis oleh Muhammad Jawad Mughniyah, haid didefinisikan sebagai darah yang biasa keluar dari qubul (vagina) wanita pada hari-hari tertentu. Sebagian besar ulama mazhab berpendapat bahwa haid tidak akan terjadi sebelum seorang wanita berusia 9 tahun.

Hukum haid dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al Baqarah ayat 222. Allah SWT berfirman:

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْمَحِيْضِ ۗ قُلْ هُوَ اَذًىۙ فَاعْتَزِلُوا النِّسَاۤءَ فِى الْمَحِيْضِۙ وَلَا تَقْرَبُوْهُنَّ حَتّٰى يَطْهُرْنَ ۚ فَاِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوْهُنَّ مِنْ حَيْثُ اَمَرَكُمُ اللّٰهُ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ - ٢٢٢

Artinya: "Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid. Katakanlah, "Itu adalah sesuatu yang kotor." Karena itu jauhilah istri pada waktu haid; dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, campurilah mereka sesuai dengan (ketentuan) yang diperintahkan Allah kepadamu. Sungguh, Allah menyukai orang yang tobat dan menyukai orang yang menyucikan diri."

Seorang wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan untuk berpuasa dan salat. Mereka wajib mengganti puasa pada hari lain, tetapi tidak diwajibkan mengganti salat. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah riwayat berikut ini,

مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِى الصَّوْمَ وَلاَ تَقْضِى الصَّلاَةَ فَقَالَتْ أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ قُلْتُ لَسْتُ بِحَرُورِيَّةٍ وَلَكِنِّى أَسْأَلُ. قَالَتْ كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

Artinya: "Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha' puasa dan tidak mengqadha' salat?" Maka Aisyah menjawab, "Apakah kamu dari golongan Haruriyah?" Aku menjawab, "Aku bukan Haruriyah," akan tetapi aku hanya bertanya. Dia menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha' salat." (HR Muslim).

Doa Mandi Wajib setelah Haid

Mandi wajib setelah haid dapat diawali dengan membaca doa atau niat terlebih dahulu, sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِرَفْعِ حَدَثِ الْحَيْضِ ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitul Ghusla Lifraf il Hadatsil Akbari minal Haidil Lillahi Ta'ala"

Artinya: Saya berniat mandi wajib untuk mensucikan hadas besar dari haid karena Allah Ta'ala.

Tata Cara Mandi Wajib setelah Haid

Tata cara mandi wajib setelah haid diawali dengan niat terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan membersihkan telapak tangan. Berikut tata cara mandi wajib setelah haid selengkapnya:

  • Bacalah niat mandi wajib terlebih dahulu.
  • Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali.
  • Bersihkan kotoran yang menempel di sekitar tempat yang tersembunyi dengan tangan kiri.
  • Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih.
  • Lakukan gerakan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan salat dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.
  • Masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.
  • Bilas seluruh tubuh dengan mengguyur air. Dimulai dari sisi kanan lalu lanjutkan ke tubuh sisi kiri.
  • Saat menjalankan tata cara mandi wajib setelah haid, pastikan seluruh lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.

Setelah seluruh rangkaian mandi wajib setelah haid dilakukan, maka seorang wanita sudah diperbolehkan untuk mengerjakan ibadah seperti salat dan puasa.



Simak Video "TRANS7 Bagikan Santunan untuk 150 Dhuafa dan Anak Yatim"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia