Manfaat Main Hujan-hujanan untuk Anak, Cukup 30 Menit Saja!

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 05 Apr 2022 12:30 WIB
Hujan deras membuat jalanan di Pademangan Timur, Jakarta Utara, tergenang. Anak-anak sekitar memanfaatkan momen tersebut dengan bermain di genangan.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom/Manfaat Main Hujan-hujanan untuk Anak, Cukup 30 Menit Saja!
Jakarta -

Banyak orang tua berpikir bahwa membiarkan anak bermain saat hujan turun bisa menyebabkan sakit. Padahal jika tubuh dalam kondisi sehat dan tidak lebih dari 30 menit, main hujan-hujanan memiliki manfaat, lho.

Sebagai orang tua, tentu mendukung pertumbuhan anak sangatlah penting. Termasuk membiarkan anak bermain dengan air hujan.

Alih-alih khawatir meriang, orang tua bisa mengawasi anak untuk bermain di waktu yang tepat agar mendapatkan manfaat saat main hujan-hujanan.

Apa saja manfaatnya? Berikut ini rangkumannya dikutip dari akun Instagram Kemendikbud RI.

5 Manfaat Main Hujan-hujanan untuk Anak:

1. Menstimulasi Kemampuan Motorik Anak

Biasanya ketika anak bermain di bawah hujan, anak akan menggerakkan seluruh tubuhnya. Daya gerak dan aktivitas ini akan menstimulasi kemampuan fisik motorik anak untuk berkembang optimal.

2. Membuat Rambut Bersinar

Diketahui air hujan merupakan air yang memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk bagi rambut.

Kadar ini sangat baik untuk mempertahankan akar rambut, sehingga bisa mencegah rambut rontok pada anak.

3. Merangsang Kreativitas dan Imajinasi

Kebanyakan anak suka bermain dengan air hujan akan memiliki kreativitas dan imajinasi yang akan muncul dengan sendirinya. Misalnya, di bawah terpaan hujan anak dapat mengumpamakan dirinya sebagai seorang penari atau jagoan.

4. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Bermain hujan-hujanan ternyata juga bisa menghilangkan toksin dalam tubuh. Semakin sering anak-anak terguyur air hujan maka makin baik kekebalan tubuhnya. Tentunya harus dipastikan terlebih dahulu ya bahwa kondisi tubuh anak sedang sehat.

5. Menguatkan Tulang

Salah satu yang terpenting dalam pertumbuhan anak adalah perkembangan tulang pada anak. Air hujan ini mengandung ion negatif yang percaya bisa menghasilkan reaksi biokimia, menetralkan keasaman tubuh, dan menghancurkan radikal bebas penyebab rapuhnya tulang.

Nah, itulah manfaat bermain hujan-hujanan untuk anak. Apakah detikers juga suka bermain hujan-hujanan?



Simak Video "Setelah Suhu Panas 48 Derajat Celcius, Kini India Dilanda Banjir"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia