Efek Paparan Layar Gadget Bisa Ganggu Kualitas Tidur? Ini Studinya

Fahri Zulfikar - detikEdu
Selasa, 29 Mar 2022 19:37 WIB
Ilustrasi anak bermain gadget
Foto: Thinkstock/Antonio_Diaz/Efek Paparan Layar Gadget Bisa Ganggu Kualitas Tidur? Ini Studinya
Jakarta -

Kebiasaan memakai gadget baik smartphone ataupun laptop secara berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Salah satunya mengganggu kualitas tidur.

Seperti yang diketahui, saat ini penggunaan gadget telah menjadi alat utama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini kemudian membuat ilmuwan untuk mempelajari dampaknya.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Studi King's College mengklasifikasikan penggunaan alat elektronik selama 90 menit sebelum tidur.

Studi menyimpulkan bahwa paparan panjang terhadap cahaya dari layar alat-alat elektronik yang dapat dibawa mempengaruhi kualitas tidur pada anak-anak dan orang dewasa.

Terutama paparan dengan durasi pemakaian lebih dari 2 jam per hari dapat yang menyebabkan kualitas tidur menjadi buruk.


Pola Tidur yang Buruk Berpotensi pada Penyakit

Para peneliti dari University of California dan King's College London mengatakan penggunaan gadget bila dipakai dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu pola tidur.

Studi-studi sebelumnya juga telah membuktikan bahwa pola tidur yang buruk dapat mengarah pada akibat kesehatan yang lain seperti obesitas, diabetes dan depresi.

Studi di California tersebut mengamati 653 orang dewasa selama periode 30 hari, merekam waktu dan lamanya orang-orang ini melihat layar, serta lama dan kualitas tidur mereka.

Penggunaan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur, memiliki kaitan dengan tidur yang lebih buruk dan lebih sebentar.


Pengaruh Penggunaan Internet di Kamar

Penelitian 20 studi dari empat benua, yang dilakukan di King's College London bahkan menemukan bahwa kehadiran alat dengan sambungan ke internet di kamar tidur anak bisa menggandakan risiko dampak terhadap siklus tidur mereka.

Peneliti juga menjelaskan karakteristik komunikasi modern melalui media sosial bisa membuat anak-anak merasa mereka harus selalu waspada.

Para ilmuwan mengatakan hanya pendekatan terkoordinasi dari orangtua, guru dan petugas kesehatan yang berpeluang menurunkan penggunaan alat-alat elektronik pada waktu tidur.

Tips Mengurangi Bahaya Paparan Layar:

Untuk mengatasi bahaya paparan layar gadget, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI memberikan tips berikut.


1. Mengurangi durasi pemakaian


2. Tinggalkanlah alat elektronik sebelum tidur untuk mencegah kualitas tidur yang buruk


3. Sesuaikan kecerahan layar


4. Upayakan mata untuk sering beristirahat dan berkedip ketika sedang menatap layar


5. Menjaga jarak pandang untuk meminimalisir kerusakan penglihatan akibat paparan layar


Itulah penjelasan tentang paparan layar yang bisa mengganggu kualitas tidur. Semoga detikers bisa mengurangi meminimalisir paparan layar gadget, ya!



Simak Video "10 HP Android Kelas Menengah Paling Ngebut Sedunia "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia