Benarkah Tinggi Menara Eiffel Berubah? Ini Faktanya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 23 Mar 2022 20:00 WIB
Menara Eiffel dibuka
Begini penjelasan tentang tinggi Menara Eiffel berubah. Foto: (AP Photo/Michel Euler)
Jakarta -

Menara Eiffel di Paris memiliki tinggi yang tidak sama dari waktu ke waktu. Selama 131 tahun dalam sejarah, ukuran menara Eiffel menjadi lebih tinggi karena adanya antena radio dan televisi.

Tidak hanya itu, setiap tahunnya struktur logam di bagian atas menara juga bertambah atau berkurang beberapa sentimeter setiap tahunnya.

Tinggi Menara Eiffel Selalu Berubah

Menara Eiffel menjadi menara tertinggi di dunia selama 42 tahun. Menara ini pertama kali diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 di acara pameran dunia Paris. Menara Eiffel awalnya disebut sebagai menara 300 meter.

Tinggi menara Eiffel yaitu 312 meter. Gelar menara tertinggi di dunia dipegang menara Eiffel sampai pada tahun 1931. Tahun itu juga merupakan tahun digulingkannya gelar Eiffel tersebut oleh Empire State Building yang setinggi 381 meter.

Sejak berdiri, menara Eiffel terus 'tumbuh' dan hingga saat ini tinggi menara ini yaitu 330 meter. Tinggi itu sudah termasuk antenna yang ditambahkan berturut-turut pada tahun 1957, 2000, dan 2022 yang berfungsi untuk menyiarkan radio dan televisi. Penambahan itu akan terus dilakukan.

Tinggi menara Eiffel juga bertambah di musim panas, namun berkurang saat musim dingin.

Mengapa Ukuran Menara Eiffel Berubah?

Melansir dari laman Tour Eiffel, tinggi menara Eiffel tersebut selalu beradaptasi dengan lingkungan dan semua kondisi cuaca, baik saat berangin, dingin, hujan, salju, berembun, beku, panas, dan lainnya.

Menara Eiffel memiliki kandungan logam atau besi. Perlu diketahui, besi memiliki kandungan yang sensitif terhadap variasi suhu sehingga bereaksi terhadap suhu tinggi di musim panas dan suhu rendah, bahkan suhu negatif di musim dingin.

Ketika cuaca musim dingin tiba, struktur logam dapat menyusut hingga beberapa sentimeter.

Perubahan tinggi pada menara Eiffel tidak berdampak pada kekokohan struktur menara. Hal ini juga tidak dapat diamati oleh pengunjung maupun pengamat. Sementara itu, angin kencang dapat menyebabkan struktur menara bergoyang atau sedikit bergetar, meskipun tidak merusak strukturnya.

Kekokohan menara juga dihasilkan dari rancangan para insinyur di perusahaan menara Eiffel yang memiliki pengalaman 20 tahun merancang jembatan logam. Contoh, bentuk dan tepinya yang melengkung dirancang untuk meminimalkan hambatan angin.



Simak Video "Sederet Fakta Kecelakaan Maut di Depan Menara Saidah"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia