ADVERTISEMENT

Shakespeare Disebut Memiliki Suara Seperti Ini, kok Bukan ala Orang Inggris?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 21 Mar 2022 09:00 WIB
William Shakespeare
Suara William Shakespeare. Foto: Reuters
Jakarta -

Ketimbang memiliki logat layaknya orang Inggris, William Shakespeare dinilai mempunyai suara seperti penutur di kawasan Atlantik Tengah Amerika.

Meski tidak ada teknologi perekam dan masyarakat modern tidak bisa benar-benar tahu secara pasti suara para penyair di zaman itu, tetapi suara Shakespeare dapat dipahami dengan prinsip-prinsip linguistik.

Suara Shakespeare Tidak Seperti Orang Inggris

Dikutip dari Britannica, Shakespeare nyaris dipastikan tidak memiliki suara seperti yang digambarkan para sosok terkenal yang menginterpretasikan karyanya seperti Laurence Olivier atau John Gielgud. Seperti disebutkan sebelumnya, logat Shakespeare kemungkinan besar layaknya penutur bahasa Inggris Amerika Atlantik Tengah, khususnya daerah di mana pemukiman-pemukiman Irlandia menonjol.

Bisa dikatakan, suara Shakespeare tidak seperti logat di daerah asalnya, yang lokasinya di lembah Sungai Thames, Inggris Selatan.

Shakespeare hidup pada masa yang disebut Great Vowel Shift atau Pergeseran Vokal yang Masif. Waktu itu, ada transisi antara bahasa Inggris era pertengahan dan era modern.

Maka dari itu, panjang vokal dalam kata-kata Shakespeare berbeda dari zaman ini. Di samping itu, diyakini bahwa bahasa Inggris di era tersebut ditandai juga dengan rhotic, atau bunyi huruf 'r' yang menonjol.

Berdasarkan seluruh argumen ini, maka pengucapan bahasa Inggris Shakespeare bisa jadi terdengar tidak terlalu Amerika tetapi sangat berbeda dari dialek pada umumnya.

Dikatakan dalam The Shakespeare Birthplace Trust, Shakespeare adalah penyair dan penulis drama yang lahir pada 1564 di Stratford-upon-Avon. Dia merupakan seniman yang produktif pada awal zaman modern atau renaisans Inggris, tepatnya pada era Elizabeth dan Jacob.

Seluruh karyanya meliputi 38 drama, 2 puisi naratif, 154 soneta, dan berbagai puisi lainnya. Beberapa milik Shakespeare yang kita kenal sampai saat ini adalah Romeo and Juliet, Hamlet, Macbeth, Antony and Cleopatra, A Midsummer Night's Dream, dan lain sebagainya.



Simak Video "Inggris Menyatakan Sejumlah Wilayahnya Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/erd)

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia