3 Niat dalam Membaca Surat Yasin pada Malam Nisfu Syaban 2022

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Jumat, 18 Mar 2022 07:00 WIB
Young beautiful Muslim Woman Praying In Mosque.
Ilustrasi membaca surat Yasin pada malam Nisfu Syaban 2022. Bagaimana bentuk 3 niatnya? (Dok. iStock)
Jakarta -

Malam Nisfu Syaban artinya adalah malam sebelum pertengahan bulan Syaban dimulai yang jatuh pada tanggal 15 dalam kalender Hijriah. Atau, menurut konversi Hijriah ke Masehi dalam Kalender Islam Global terbitan Muhammadiyah, Nisfu Syaban bertepatan dengan Jumat (18/3/2022) besok.

Menurut Syekh Muhammad Al Utsaimin yang dinukil dalam buku Kesalahan Seputar Puasa Ramadan oleh Abdurrahman Al Mukaffi, hari pertengahan bulan Syaban sebetulnya sama dengan hari-hari pertengahan pada bulan lainnya. Kekhususan amalan seperti membaca Al Quran atau dzikirnya tidak memiliki dasar dalil yang kuat.

Seperti halnya, membaca surat Yasin tiga kali pada malam Nisfu Syaban. Amalan ini tidak memiliki landasan hadits khusus yang mengatakan bahwa Rasulullah menganjurkan bacaan ini.

Sebab itu, Syekh Muhammad bin Darwisy dalam Kitab Asna Al Mathalib lebih berpendapat bahwa amalan membaca surat Yasin itu adalah ijtihad sebagian ulama.

"Adapun pembacaan surat Yasin pada malam Nisfu Syaban setelah Maghrib merupakan hasil ijtihad sebagian ulama (Syekh Al Bumi) dan hal itu bukanlah suatu yang buruk," kata Syekh Muhammad bin Darwisy, dikutip dari buku Dakwah Kreatif oleh Dra. Udji Aisyah.

Meski tidak ada anjuran Rasulullah, amalan tersebut bukanlah amalan yang buruk berdasarkan pendapat Syekh Muhammad tersebut.

Ditambah lagi, tradisi membaca surat Yasin sebanyak tiga kali di malam Nisfu Syaban disebut sebagai amalan yang dibolehkan menurut Sekretaris LBM PCNU Jember M Asep Jamaludin Azzahied. Ia menyebutnya sebagai praktik tawasul dengan amal-amal sholeh.

"Mengutip pandangan para ulama, tradisi membaca surat Yasin tiga kali di malam Nisfu Syaban disertai dengan doa yang dihajatkan, adalah sesuatu yang boleh diamalkan karena bagian dari praktik tawasul dengan amal-amal sholeh," tulis Asep melalui laman PCNU Jember.

Berdasarkan pendapat di atas, tidak ada salahnya bagi umat muslim yang hendak mengisi waktu malam Nisfu Syaban dengan membaca surat Yasin dengan 3 niatnya. Lalu, seperti apa 3 niat sebelum membaca surat Yasin tersebut?

3 Niat dalam Membaca Surat Yasin pada Malam Nisfu Syaban 2022

Syekh Ad-Dairabi dalam kitabnya yang berjudul Fathu al-Malik al-Majid menjelaskan tiga niat yang dapat dibaca umat muslim sebelum memulai surat Yasin di malam Nisfu Syaban. Berikut penjelasannya:

"وَمِنْ خَوَاصِ سُوْرَةِ يس" كَمَا قَالَ بَعْضُهُمْ أنْ تَقْرَأَهَا لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ الأُوْلَى بِنِيَّةِ طُوْلِ اْلعُمْرِ وَالثَّانِيَةُ بِنيَّةِ دَفْعِ الْبَلاَءِ وَالثَّالِثَةُ بِنِيَّةِ اْلإسْتِغْنَاءِ عَنِ النَّاسِ .

Artinya: "Diantara keistimewaan surat Yasin, seperti perkataan sebagian ulama, ialah membacanya di malam pertengahan bulan Sya'ban sebanyak tiga kali, yang pertama dengan niat meminta panjang umur, kedua agar terhindar dari bala (bencana) dan yang ketiga tidak bergantung kepada orang lain,"

Berdasarkan pendapat ulama tersebut, tata cara membaca surat Yasin pada malam Nisfu Syaban dapat dirangkum sebagai berikut:

1. Dimulai membaca surat Yasin sebanyak tiga kali terlebih dahulu kemudian disusul dengan bacaan doa setelahnya. Berikut urutan bacaannya:

  • Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat panjang umur
  • Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat menolak bala
  • Setelah membaca Surat Yasin pertama, sesudah membaca lalu niat hanya berharap pada Allah

2. Dilanjutkan dengan membaca doa Nisfu Syaban 2022 yang berbunyi:

اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ

Bacaan latin: Allaahumma innaka 'afuwwung- kariimung-tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii. Allaahumma innii asalukal 'afwa wal 'aafiyata wal mu'aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama dan dunia serta akhirat."



Simak Video "Selain Ade Yasin, Ada 7 Tersangka Lain yang Ditangkap KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia