Arti Domestik dan Contoh Penggunaannya dalam Paragraf, Yuk Pahami!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 17 Mar 2022 15:30 WIB
Ilustrasi: Definisi terorisme menurut KBBI (Danu Damarjati/detikcom)
Arti kata domestik. Foto: Ilustrasi: Definisi terorisme menurut KBBI (Danu Damarjati/detikcom)
Jakarta -

Pengertian kata domestik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terbagi menjadi tiga. Kata ini tergolong dalam kata sifat.

Arti kata domestik yang pertama adalah berhubungan dengan atau mengenai permasalahan dalam negeri. Kedua, domestik adalah mengenai (bersifat) rumah tangga. Ketiga, artinya piaraan (tentang binatang) dan jinak.

Beberapa contoh penggunaan kata domestik misalnya wisatawan domestik, penerbangan domestik, pasar domestik, kucing domestik, persoalan domestik, dan lainnya. Sedangkan dalam paragraf, berikut ini detikedu telah merangkumnya sekaligus dengan konteks pengertiannya.

Contoh Penggunaan Kata Domestik

1. Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai. Wisatawan domestik maupun mancanegara bisa menggunakan transportasi rekreasi untuk menikmati keindahan alam.

Dikutip dari buku Mega Book Pelajaran 6in1 SMA/MA IPA Kelas X, XI, XII oleh Tim Guru Eduka, makna kata domestik dalam paragraf di atas adalah....

A. Asli Indonesia

B. Pribumi

C. Dalam negeri

D. Kenegaraan

E. Luar negeri

Jawaban: C

2. (1) Hasil pemantauan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup terhadap indeks kualitas air sungai memperlihatkan pencemaran mencapai tiga puluh persen. (2) Dari 52 sungai yang dipantau, tercatat tiga puluh persen di antaranya mengalami kecenderungan meningkatkan pencemaran sungai dari cemar sedang jadi cemar berat. (3) Pencemaran air sungai tersebut paling tinggi diindikasikan dari semakin meningkatnya limbah domestik. (4) Di beberapa sungai, hal ini disebabkan oleh kegiatan tambang. (5) Intensitas meningkatnya pencemaran diakibatkan oleh kegiatan tambang yang semakin meningkat.

Dikutip dari buku Cara Cepat Mudah Taklukkan UN SMA/MA IPA oleh Tim Studi Guru, makna kata limbah domestik pada paragraf tersebut adalah limbah....

A. Mengandung racun

B. Rumah tangga

C. Daur ulang

D. Bahan kimia

E. Kotoran binatang

Jawaban: B

Itulah arti domestik dan penggunaannya dalam paragraf. Siswa sudah paham?



Simak Video "Ingat! Kini Traveler Domestik Wajib Isi e-HAC Sebelum Keberangkatan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia