Karya Seni Aplikasi dan Cara Membuatnya

Nikita Rosa Damayati Waluyo - detikEdu
Rabu, 05 Jan 2022 13:45 WIB
Karya-karya yang dipajang di pameran seni rupa Srawung Rasa di galeri Peace Village, Taraman, Ngaglik, Sleman (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Contoh karya seni yang dipamerkan di Srawung Rasa, Galeri Seni Peace Village, Sleman. Foto: Jauh Hari Wawan S/ detikcom
Jakarta -

Karya seni aplikasi adalah salah satu teknik dalam karya seni rupa tiga dimensi. Dalam buku Seni Budaya Kelas 10 oleh Kemdikbud, karya seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni yang dapat dilihat dari lebih dari dua sisi.

Berdasarkan fungsinya, karya seni rupa tiga dimensi dibedakan menjadi karya yang memiliki fungsi pakai atau seni terapan (applied art). Karya seni aplikasi termasuk dalam salah satu teknik dalam karya seni rupa tiga dimensi.

Karya seni aplikasi adalah teknik hias yang biasa diterapkan dalam seni jahit-menjahit. Cara menerapkan karya seni aplikasi adalah dengan menempelkan berbagai kain yang dihias menyerupai bentuk binatang, bunga, dan lain sebagainya.

Cara membuat karya seni aplikasi

Cara membuat karya seni aplikasi sangatlah mudah. Simak caranya di bawah ini.

1. Siapkan bahan untuk membuat karya seni aplikasi. Dapat berupa kain atau kertas.

2. Buat sketsa lukisan dalam selembar kertas sesuai dengan tema yang dipilih

3. Potong kain atau kertas menjadi bentuk tertentu seperti daun, bunga, hewan dan bentuk lainnya sesuai dengan gambar sketsa

4. Tempelkan potongan tersebut ke dalam objek yang ingin dihias. Jika menggunakan kertas, maka menempelkan potongan hiasan bisa dengan lem. Sebaliknya jika menggunakan kain, maka potongan hiasan dijahit dengan mesin jahit.

Karya seni ini sering diterapkan dalam kerajinan jahit-menjahit. Siswa dapat membuat potongan hiasan kemudian menempel atau menjahitnya dalam media kertas atau kain.

Mudah bukan? Itulah cara membuat karya seni aplikasi. Karya seni aplikasi merupakan salah satu teknik dalam membuat karya seni rupa tiga dimensi.



Simak Video "Kisah kak Toto, Terangi Jalan Anak Autis Dengan Lukisan"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia