Ada Kecelakaan di PLTP Dieng, Bagaimana Pembangkit Ini Bekerja?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 13 Mar 2022 13:00 WIB
Melihat Aktivitas PLTP Dieng 

Pekerja melakukan pengecekan instalasi di Pembangkitan Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 1, Wonosobo, Jawa Tengah, Senin (24/07/2017). PLTP Dieng unit 1 yang dikelola oleh PT. Geo Dipa Energi yang merupakan anak perusahaan PLN ini dapat menghasilkan 60 megawatt listrik yang terhubung ke jaringan Jawa-Madura-Bali. Grandyos Zafna/detikcom

foto 1-18 :
-. Pekerja melakukan pengecekan di Coolong Tower PLTP Dieng Unit 1. 

foto 19-31 :
-. Pekerja melakukan pengecekan di Area sumur PLTP Dieng unit 1.

-. Total potensial energi panas di sekitar dieng diperkirakan sebesar 400 megawatt.

-. PLTP unit Dieng memiliki 7 sumur yang digunakan eksplorasi saat ini.

-. PLTP unit Dieng juga memiliki 5 sumur yang berpotensi untuk di eksplorasi.
PLTP di Dieng, Jawa Tengah yang menjadi lokasi kecelakaan kerja. Bagaimana kronologi dan prinsip kerjanya? (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

PLTP Dieng menjadi sorotan setelah terjadi kecelakaan kerja pada Sabtu (12/3/2022). PT Geo Dipa Energi (Persero) sebagai pemilik memastikan kecelakaan tersebut bukan ledakan.

"PT Geo Dipa Energi (Persero) menyampaikan benar telah terjadi kecelakaan kerja di wilayah kerja Geo Dipa Unit Dieng, tepatnya PAD 28. Dapat dipastikan juga tidak terjadi ledakan di salah satu sumur, ataupun terjadi pada sumur pengeboran," sebut PT Geo Dipa Energi (Persero) dalam keterangan tertulisnya dan dikutip Minggu, (13/3/2022).

Corporate Secretary Geo Dipa Energi, Endang Iswandini, merinci kronologi insiden kecelakaan yang terjadi pada Sabtu (12/3/2022) kemarin. Mulanya, pekerja tengah melakukan quenching sumur pada 14.55 waktu setempat.

Kemudian, salah seorang pekerja dari Pelaksana Pekerjaan Workover hendak memeriksa relief valve di mud pump-1 yang terbuka secara otomatis. Namun justru, gas beracun yang keluar dari relief valve tersebut membuat pekerja itu jatuh pingsan.

"Pekerja tersebut terjatuh pingsan dan dievakuasi ke Puskesmas Kejajar 1 Wonosobo. Diduga korban terpapar gas beracun yang keluar bersama dengan air saat relief valve terbuka otomatis," kata Endang kepada CNN Indonesia.

Meski demikian, Endang menyebut, seluruh SOP sudah dijalankan sesuai dengan standar keamanan dan keselamatan kerja yang berlaku. Ia juga menjamin tidak ada masyarakat sipil yang menjadi korban dalam kecelakaan kerja ini.

"Segenap manajemen dan seluruh insan Geo Dipa mengucapkan turut berduka cita atas terjadinya kecelakaan kerja tersebut. Geo Dipa juga akan bertanggung jawab atas terjadinya kecelakaan tersebut kepada seluruh korban yang terdampak," kata dia.

Bagaimana cara kerja PLTP Dieng?

Bersumber dari Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MenLHK), PLTP sejatinya adalah tenaga listrik yang dihasilkan dari gerak turbina akibat panas bumi. Indonesia dengan bentang alam yang dilewati cincin Asia Pasifik menjadi potensi terbesar untuk pemanfaatan panas bumi ini.

Pemanfaatannya dilakukan dengan pembuatan sumur yang memiliki kedalaman hingga mencapai titik panas bumi. Panas ini kemudian dialirkan ke lokasi turbin berada untuk menggerakkannya hingga nantinya akan menghasilkan listrik.

Prinsip kerja PLTP ini pada dasarnya sama dengan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan yang membedakan keduanya hanyalah proses pemanasan air di antara keduanya. PTLP yang menggunakan uap panas dari perut bumi inilah yang menjadi alasan PTLP biasanya dibangun di daerah pegunungan atau dekat pegunungan berapi.

"Dalam proses pemanasan air, PLTP memanfaatkan panas yang berada di dalam bumi dengan kedalaman 1.200-3.000 meter dari permukaan tanah. Temperatur air yang dihasilkan oleh panas bumi ini berkisar antara 200 hingga 300°C," tulis Modul Pembelajaran Pembangkit Tenaga Listrik terbitan Teknik Elektro UNY.

Hal ini pula yang membuat kawasan Dieng merupakan lokasi potensial untuk mengembangkan sumber energi panas bumi. Kawasan Dieng memilki kontur pegunungan yang kaya sumber air panas, solfatara, fumarole, dan bebatuan. Bahkan, total potensi energi panas bumi di sekitar Dieng diperkirakan sebesar 400 MW.

Proses kerja PLTP secara rinci, dapat disimak pada pemaparan berikut:

1. Injeksi air dari permukaan ke dalam bumi.

2. Setelah air menguap di dalam bumi maka uap air akan mengalir menuju steam separator. Pada kondisi uap air yang naik tidak hanya berbentuk uap saja melainkan juga ada sedikit uap air yang masih berbentuk air.

Uap air kemudian dipisahkan dan air yang telah terpisah dengan uap diinjeksikan lagi ke dalam bumi.

3. Uap air yang telah melewati steam separator kemudian mengalir kepada turbin. Turbin ini nantinya akan mengubah energi kinetik uap air menjadi mekanik yang kemudian dibutuhkan untuk menggerakkan generator dan menghasilkan energi listrik.

4. Uap air yang telah melewati turbin akan masuk ke dalam condenser untuk didinginkan dan diubah menjadi air kembali.

5. Terakhir, air tersebut diinjeksikan kembali ke dalam bumi.

Pemanfaatan panas bumi di PLTP dilakukan dengan cara menginjeksikan air ke dalam permukaan bumi. Sebab itu, air yang telah dilewatkan sumur injeksi akan menjadi uap air.



Simak Video "Melihat Fenomena 'Darah Salju' di Pegunungan Alpen"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia