Apa Energi yang Dihasilkan dari Perputaran Kincir Air di Sungai atau Bendungan?

Puti Yasmin - detikEdu
Jumat, 27 Agu 2021 12:30 WIB
Warga Desa Gumingsir Kecamatan Wanadadi, Banjarnegara kini tidak kesulitan air bersih karena memanfaatkan kincir air untuk memenuhi kebutuhan air.
Foto: Uje Hartono/detikcom/Ilustrasi Apa Energi yang Dihasilkan dari Perputaran Kincir Air di Sungai atau Bendungan?
Jakarta - Perputaran kincir air di sungai atau bendungan ternyata bisa menghasilkan suatu energi yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Lantas, apa energi yang dihasilkan dari perputaran kincir air di sungai atau bendungan?

Dikutip dari buku 'Ilmu Pengetahuan Alam IPA' karya Tim Sains Quadra, energi yang dihasilkan kincir air dapat dimanfaatkan untuk mengangkat suatu benda. Semakin cepat aliran air, maka semakin besar pula tenaga yang dihasilkan.

Energi apa yang dihasilkan dari perputaran kincir air di sungai atau bendungan?

Kincir air menghasilkan energi gerak yang sangat kuat. Energi gerak dari perputaran kincir air ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan antara lain, untuk pembangkit tenaga listrik.

Aliran air yang lebih cepat memiliki kekuatan yang lebih besar pula. Air terjun memiliki energi gerak yang sangat besar sehingga sering dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Adapun, kincir air yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik adalah kincir raksasa yang disebut turbin. Alat ini memiliki berat mencapai ribuan ton dan dilengkapi dengan mesin yang disebut generator dan dirancang untuk menghasilkan energi sebanyak mungkin.

  • Bagaimana perputaran kincir air dapat menghasilkan energi?

Air yang jatuh mendorong baling-baling dari turbin sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran tersebut dihubungkan ke generator dan menghasilkan energi mekanik. Sehingga turbin air kebanyakan bentuknya seperti kincir angin.

Selain itu, air yang melimpah dibuat PLTA digunakan untuk membuat energi listrik. Untuk diketahui, hydroelectric atau tenaga air dari bendungan sungai dapat menghasilkan listrik sebesar 715.000 mega watt atau sekitar 19 persen kebutuhan listrik dunia.

Jadi, detikers sudah paham kan energi yang dihasilkan dari perputaran kincir air di sungai atau bendungan adalah gerak? Selamat belajar!

Simak Video "Kincir Air Desa Curug Panjang Bogor, Bisa Menghidupkan Televisi dan Menerangi Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia