5 Hewan yang Bisa Mendeteksi Bencana Alam, dari Semut hingga Gajah

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 11 Mar 2022 14:00 WIB
Ilustrasi Gajah Asia
Foto: (iStock)/5 Hewan yang Bisa Mendeteksi Bencana Alam
Jakarta -

Pernahkah mendengar bahwa hewan bisa mendeteksi bencana alam? Ternyata hal itu bisa terjadi karena salah satu sebabnya, insting dan indra hewan jauh lebih peka daripada manusia.

Menurut Dr. Drh. Heru Setijanto, dosen sekaligus peneliti dari Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB), beberapa hewan diyakini dapat mendengar suara dan merasakan getaran yang terkait dengan pergeseran lapisan di dalam bumi.

Hewan juga dinilai memiliki kemampuan mendeteksi perubahan elektromagnetik alam semesta yang lebih baik dari pada manusia.

"Oleh karenanya, banyak orang percaya dengan gagasan bahwa perubahan perilaku hewan memiliki hubungan kuat terhadap akan datangnya bencana alam," terangnya dikutip laman resmi FKH IPB, Jumat (11/3/2022).

Untuk mengetahui hewan apa saja yang bisa mendeteksi bencana alam, berikut ini daftarnya dikutip dari akun instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).


5 Hewan Pendeteksi Bencana Alam:


1. Semut Merah

Semut merah punya kebiasaan mencari makanan di siang hari dan berjaga-jaga di malam hari. Tetapi, kebiasaan ini akan terbalik saat akan terjadi ben cana alam. Mereka akan mencari makan di malam hari dan berjaga-jaga di siang hari


2. Gajah

Gajah memiliki kepekaan tinggi dan indra pendengaran yang tajam. Tiga perempat bahasa gajah bersifat infrasonik sehingga tidak bisa dipahami oleh manusia. Saat akan terjadi bencana alam, biasanya gajah akan tiba-tiba gelisah, bahkan menangis.


3. Anjing

Kekuatan indra perasa anjing bisa mencapai 10.000 kali lebih kuat dari manusia. Hal ini membuat anjing mampu merasakan perubahan suhu sebelum terjadi gempa bumi. Biasanya, anjing akan merasa takut dan tubuhnya gemetar sebelum terjadi bencana alam.


4. Kucing

Pakar cryo seismologi dari Nebraska, Amerika Serikat, Celeste Labedz pernah melakukan uji coba dengan memasang gelang Fitbit di kalung leher kucing yang terkoneksi dengan laptop atau smartphone.

Saat kucing bereaksi terhadap getaran, Fitbit akan mengirimkan sinyal lonjakan aktivitas. Gelang ini jika dipasang pada ribuan kucing bisa diolah menjadi data crowdsourcing untuk perhitungan yang makin akurat.

Menurutnya, hal ini berarti kucing bisa dilibatkan untuk menjadi pendeteksi gempa.


5. Burung

Burung dapat mendengar infrasound yang bisa membuat mereka mengenali datangnya badai dan tsunami.


Nah, itulah 5 hewan pendeteksi bencana alam. Semoga bisa menambah wawasan detikers ya!



Simak Video "Beda Pandangan PBNU dan MUI soal Hukum Kurban Hewan Terjangkit PMK "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia