8 Hewan yang Dikenal Setia pada Pemilik, Kawan, dan Pasangannya

Kristina - detikEdu
Rabu, 09 Mar 2022 14:30 WIB
5 Cara Membedakan Daging Anjing dan Daging Sapi Supaya Tak Tertipu
Anjing, salah satu hewan yang paling setia kepada pemiliknya. Foto: iStock
Jakarta -

Setiap hewan memiliki karakteristik tersendiri. Beberapa di antaranya bahkan dikenal atas kesetiaannya, baik pada pemilik, kawan, maupun pasangannya.

Sejumlah hewan paling setia biasa dijadikan piaraan. Mayoritas hewan-hewan ini dapat dilatih untuk mengerjakan berbagai hal. Mereka juga cepat beradaptasi.

Kira-kira apa saja hewan yang dikenal setia pada pemilik, kawan, dan pasangannya? Simak penjelasan berikut ini.

Hewan Paling Setia pada Pemilik, Kawan, dan Pasangan

1. Anjing

Anjing dikenal sebagai hewan yang paling setia pada pemiliknya. Hewan peliharaan satu ini juga dikenal sabar, cepat belajar, dan suka bermain.

Bagi beberapa orang, anjing ini bukan hanya peliharaan semata, melainkan teman yang setia. Ada satu kisah tentang kesetiaan antara anjing dan pemiliknya yang terjadi di Jepang sekitar tahun 1920-an silam.

Namanya Hachiko. Dia tinggal bersama pemiliknya, HidesaburĊ Ueno yang merupakan seorang profesor di salah satu universitas yang ada di Tokyo.

Setiap pagi Hachiko mengantarkan profesor Ueno ke stasiun kereta Shibuya dan akan kembali pada sore hari menjemputnya. Melansir Animal Wised, aktivitas tersebut rutin dilakukan Hachiko hingga pada suatu ketika profesor Ueno meninggal dunia karena pendarahan otak.

Hachiko yang biasa menunggu pemiliknya pada pukul 03.00 sore tersebut tetap mendatangi Stasiun Shibuya dan berharap profesor Ueno akan datang padanya. Pada 8 Maret 1935 Hachiko ditemukan meninggal di jalanan Shibuya.

2. Lumba-lumba

Lumba-lumba juga termasuk hewan yang dikenal setia. Melansir Indian Today, mamalia ini memiliki emosi saat membentuk koneksi seperti halnya manusia. Para ilmuwan menemukan hewan ini memiliki sifat emosional bahkan melebihi manusia.

Disebutkan dalam Sarasota Dolphin Research Program, lumba-lumba diketahui menunjukkan kasih sayang dan cinta kepada spesies lainnya. Mereka pernah menyelamatkan perenang dari serangan hiu laut dan membawa serta paus yang terdampar kembali ke laut.

3. Bebek

Bebek merupakan hewan peliharaan yang paling setia kepada pemiliknya. Mereka suka dengan manusia yang mengurusnya dengan kasih sayang.

Selain itu, bebek juga termasuk hewan yang berjiwa sosial. Mereka hidup berkoloni dan akan melindungi satu sama lain.

4. Kelinci

Kelinci juga hewan yang setia dan mudah dijinakkan. Hewan ini dikenal dengan kecerdasan adaptifnya, yang membuatnya mudah jinak dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Hewan pemakan rumput ini juga dikenal sebagai pembelajar yang cepat. Ia mampu menanggapi kata-kata dan perintah sederhana yang diberikan oleh pemiliknya.

Hewan paling setia selanjutnya bisa dibaca DI SINI, ya!



Simak Video "Penampakan Kemunculan Lumba-lumba di Perairan Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia