Struktur Artikel Bahasa Indonesia, Siswa Wajib Tahu!

Nikita Rosa Damayanti Waluyo - detikEdu
Selasa, 08 Mar 2022 13:15 WIB
Ilustrasi membaca buku.
Struktur artikel agar tulisan mudah dicerna. Foto: Unsplash
Jakarta -

Pernahkah kamu membaca teks artikel? Artikel merupakan tulisan lengkap dalam media massa yang membahas isu atau topik tertentu dengan bahasa lugas. Agar mudah dibaca, struktur artikel diterapkan agar isi tulisan mudah dicerna pembaca.

Artikel bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, meyakinkan, mendidik, atau menghibur pembaca. Informasi yang terkandung dalam artikel adalah fakta aktual. Namun, terdapat juga artikel yang berisi fakta dan pendapat (opini) yang logis untuk meyakinkan pembaca. Artikel ini disebut dengan artikel opini.

Fakta merupakan pernyataan yang menggambarkan suatu kenyataan secara apa adanya, sedangkan opini merupakan pernyataan yang mengungkapkan hasil pemikiran, pandangan, perkiraan, dugaan, dan sejenisnya tentang suatu fakta.

Struktur Artikel

Struktur artikel terdiri dari sejumlah komponen, seperti dilansir dari Modul Bahasa Indonesia Kelas XII oleh Indri Anatya Permatasari sebagai berikut:

1. Pengenalan Isu

Pengenalan isu berisi permasalahan, fenomena, atau peristiwa aktual. Bagian ini sama dengan teks editorial atau teks berisi pandangan redaksi dalam media massa. Perbedaannya, isu dalam teks editorial dipilih oleh redaksi media itu sendiri, sedangkan isu dalam artikel ditentukan berdasarkan minat penulisnya.

Bagian ini juga berbeda dengan karya ilmiah. Artikel ilmiah biasanya diawali dengan pernyataan umum berupa pengenalan masalah atau gagasan pokok yang dianggap penting oleh penulis dan menarik untuk dibahas.

2. Rangkaian Argumentasi

Rangkaian argumentasi berupa pendapat atau opini penulis terkait dengan isi ataupun topik yang dibahas. Bagian ini dilengkapi sejumlah teori, pendukung, dan fakta baik yang diperoleh melalui pengamatan, wawancara, atau sumber-sumber lain. Dalam penulisan artikel opini, teori tidak terlalu ditekankan.

3. Penegasan Kembali

Penegasan kembali berusaha memberikan kesimpulan atas pembahasan sebelumnya. Bagian ini dapat disertai dengan solusi, harapan, ataupun saran-saran.

Setiap jenis artikel memiliki struktur yang berbeda. Tapi umumnya, struktur artikel mengacu pada tiga bagian inti yaitu pengenalan isu, rangkaian argumentasi, dan penegasan kembali. Setelah memahami struktur artikel, kamu bisa menulis artikelmu sendiri. Selamat menulis, detikers!



Simak Video "Fakta Varian BA.2 'Son of Omicron' yang Diwaspadai WHO "
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia