6 Tokoh Indonesia yang Gemar Membaca, Cocok Dijadikan Idola

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 04 Mar 2022 18:30 WIB
Mohammad Hatta, Wakil Presiden RI Pertama
Foto: KITLV/6 Tokoh Indonesia yang Gemar Membaca
Jakarta -

Kebiasaan membaca buku menjadi salah satu pilar penting dalam membangun generasi muda yang kaya akan pengetahuan, banyak sudut pandang, dan tidak mudah termakan hoaks.

Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia yang dapat membuka cakrawala pemikiran melalui pengetahuan-pengetahuan. Hal ini perlu disadari dan dibiasakan sejak dini agar bisa menjadi investasi sumber daya pemikiran di masa depan.

Jika merujuk sejak zaman dahulu, kebiasaan membaca buku telah dimiliki para tokoh-tokoh Indonesia. Siapa saja tokoh-tokoh tersebut? Berikut ini ulasannya dikutip dari laman Buku Digital Kemendikbud RI.

6 Tokoh Indonesia yang Gemar Membaca:

1. K.H Abdurrahman Wahid

K.H Abdurrahman Wahid atau yang dikenal juga dengan Gus Dur, merupakan Presiden RI keempat setelah B.J Habibie.

Sejak kecil, Gus Dur sudah tertarik dengan dunia membaca, seperti buku-buku silat dan juga buku cerita Mahabharata dan Ramayana ketika duduk di bangku Sekolah Dasar.

Ketertarikan itu terus meningkat ketika menimba ilmu di Yogyakarta. Gus Dur banyak menghabiskan waktu untuk menjelajahi berbagai pusat buku.

Hal ini tentu saja menjadikannya pelajar yang berangsur sebagai pemuda yang berwawasan luas. Gus Dur bahkan pernah berkarier sebagai jurnalis untuk Majalah Horison dan Majalah Budaya Jaya.

2. R. A. Kartini

Siapa tak kenal sosok perempuan Indonesia inspiratif dengan pemikiran-pemikiran modern di masa itu. Kecerdasan R.A. Kartini tak dapat dipungkiri berakar dari kegemarannya membaca buku.

Waktu luangnya di rumah banyak dihabiskan dengan membaca buku-buku modern kiriman dari Sang Kakak, Raden Mas Panji Sosrokartono.

Kartini juga memanfaatkan kotak bacaan langganan ayahnya yang berisi buku, koran, dan majalah baik dari dalam maupun luar negeri.

3. Ir. Soekarno

Selanjutnya Presiden pertama RI, Ir. Soekarno juga memiliki kegemaran membaca buku. Ayahnya yang berprofesi sebagai guru dan senang membaca buku, membuat Soekarno muda secara tidak langsung tidak kekurangan bahan bacaan di rumah, yaitu buku-buku milik sang ayah.

Di sekolah HBS Surabaya, Soekarno juga rajin membaca buku perpustakaan sekolah, karena mempunyai kedekatannya dengan guru-guru HBS.

Soekarno juga semakin leluasa membaca banyak buku biografi tokoh negara dan dunia ketika berada di rumah Tjokroaminoto. Berbagai gagasan brilian yang dicetuskan oleh Soekarno juga tidak lain merupakan hasil pengetahuannya dari berbagai studi literatur.

4. Mohammad Hatta

Drs. Mohammad Hatta merupakan Bapak Koperasi Indonesia sekaligus Wakil Presiden RI pertama yang gemar sekali membaca.

Bahkan diketahui koleksi buku yang dimiliki Hatta setelah merampungkan kuliah di Belanda mencapai sekitar 8.000 judul buku.

Kegemaran membaca buku bermula ketika pamannya yang bernama Mak Etek Ayub yang mengenalkan Hatta kepada buku.

5. B.J. Habibie

B.J Habibie dikenal sangat cerdas dan gemar membaca buku. Sejak kecil, Habibie gemar mencari tahu banyak hal dan bertanya kepada ayahnya.

Namun karena kesibukan sang ayah, Habibie mencoba mencari jawaban atas keingintahuannya dengan membaca buku. Bahkan, Habibie sudah fasih membaca buku berbahasa Belanda sejak umur 4 tahun.

Habibie gemar membaca segala genre buku, mulai dari ensiklopedia sampai buku cerita. Buku kumpulan karya Leonardo Da Vinci dan cerita fiksi ilmiah karya Jules Verne merupakan buku favoritnya.

6. H.B. Jassin

Hans Bague Jassin yang dikenal dengan nama H.B. Jassin adalah seorang pengarang dan kritikus sastra yang telah mendidik ratusan penyair dan cerpenis di Indonesia.

Kegemarannya membaca menurun dari ayahnya yang suka membaca dan mengoreksi bacaan dalam perpustakaan pribadinya. Jassin kecil juga sering membaca koleksi ayahnya secara diam-diam karena bacaan milik ayahnya termasuk untuk kategori orang dewasa.

Kegemaran Jassin membaca buku kemudian semakin tinggi tidak lama setelah duduk di bangku HIS (SD). Ia termotivasi oleh gurunya yang sangat kreatif dalam mencari cara untuk membangkitkan minat baca muridnya.

Akhirnya, Jassin juga belajar teknik mengarang dan memahami puisi. Pada saat di HBS Medan, ia mulai menulis kritik sastra, dan dimuat di beberapa majalah.

Itulah, 6 tokoh Indonesia yang dikenal gemar membaca buku. Semoga bisa menginspirasi detikers untuk banyak membaca ya!



Simak Video "Sandi Uno: Saat Pilpres 2019 Lily Wahid Titipkan Saya untuk Jaga Integritas "
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia