Ayat Kursi Latin dan Artinya, Ada 3 Waktu Utama Membacanya

Rahma Harbani - detikEdu
Rabu, 02 Mar 2022 18:00 WIB
al Quran on a recal in a mosque
Ilustrasi Al Quran, yang mengandung bacaan ayat kursi di dalamnya. (Getty Images/iStockphoto/Muhammad Fadli)
Jakarta -

Bacaan ayat kursi latin, Arab, dan artinya mungkin dicari oleh sejumlah muslim untuk mengamalkan bacaan ini sebagai amalan sehari-hari. Sebab, Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah menyinggung ayat kursi sebagai ayat yang paling agung dari yang pernah diterimanya.

عَنْ أُبَىِّ بْنِ كَعْبٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ. قَالَ « يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِى أَىُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ ». قَالَ قُلْتُ اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ. قَالَ فَضَرَبَ فِى صَدْرِى وَقَالَ « وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ »

Artinya: Dari Ubay bin Ka'ab, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?" Aku menjawab, "Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum." Lalu beliau memukul dadaku dan berkata, "Semoga engkau mudah memperoleh imu, wahai Abul Mundzir." (HR Muslim).

Selain riwayat hadits di atas, setidaknya ada sembilan puluh lima hadits yang menjelaskan keutamaan ayat kursi. Sesuai namanya, menurut Ustaz Ramadhan AM dalam buku Rahasia Dahsyat Al Fatihah, Ayat Kursi, dan Al Waqiah, diberi nama ayat kursi karena terdapat perkataan kursi atau singgasana megah lagi yang mempunyai martabat.

Adapun bacaan ayat kursi lengkap dengan waktu terbaiknya untuk dibaca bisa disimak melalui ulasan yang dirangkum dari detikcom dari berbagai sumber.

Bacaan Ayat Kursi Latin dan Artinya

"Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm,"

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izinNya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendakiNya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Waktu Terbaik Membaca Ayat Kursi

Mengutip Apakah Amalan Kita Diterima Allah SWT? oleh Alexander Zulkarnaen, S.Pd.I, dzikir harian bacaan ayat kursi dapat dibaca setiap hari dalam tiga waktu utamanya. Waktu-waktu ini bersumber pada sabda Rasulullah SAW dalam haditsnya.

1. Waktu Pagi dan Petang

Al Hakim meriwayatkan dari Ubay bin Ka'ab bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, keutamaan ayat kursi yang dibaca pada waktu pagi dan petang.

Pembacanya akan dijanjikan perlindungan dari gangguan setan hingga pagi harinya bila ayat kursi yang diamalkan pada waktu petang hari. Berlaku juga sebaliknya, bila dibaca pada waktu pagi akan dipelihara dari gangguan setan hingga sore harinya.

إِذَا قَرَأَتْهَا غُدْوَةً أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُمْسِيَ ، وَإِذَا قَرَأَتْهَا حِيْنَ تُمْسِي أُجِرَتْ مِنَّا حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: "Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga petang. Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi." (HR Al Hakim).

2. Setelah Salat Fardhu

Waktu utama membaca ayat kursi menurut hadits selanjutnya adalah dibaca usai mengerjakan salat fardhu lima waktu. Keutamaannya, Allah SWT akan mempersiapkan surga bagi para pengamalnya.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

Artinya: "Barang siapa membacanya (ayat kursi) setiap kali selesai mengerjakan salat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian," (HR An Nasa'i).

3. Jelang Tidur Malam

Terakhir, waktu utama membaca ayat kursi yang dianjurkan Rasulullah yakni, pada saat menjelang tidur di malam hari. Seseorang yang membaca ayat kursi sebelum tidur akan berada dalam penjagaanNya hingga pagi hari.

Bersumber dari Abu Hurairah RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

لِى إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ مِنْ أَوَّلِهَا حَتَّى تَخْتِمَ ( اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَىُّ الْقَيُّومُ ) وَقَالَ لِى لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ وَلاَ يَقْرَبَكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: "... bila engkau akan beranjak ke tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan 'Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum (ayat kursi)'. Karena sesungguhnya ia (dapat menjadikanmu) senantiasa mendapatkan penjagaan dari Allah dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari." (HR Bukhari).



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia