10 Sifat Enzim yang Bekerja dalam Tubuh Kita, Siswa Perlu Tahu!

Rika Pangesti - detikEdu
Rabu, 02 Mar 2022 17:00 WIB
5 Sayuran dan Buah Ini Justru Bikin Gemuk
Buah bisa matang karena sifat enzim berikut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Zinkevych
Jakarta -

Enzim merupakan pekerja dalam tubuh yang tidak boleh dimusnahkan, karena enzim memiliki sifat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Apa saja sifat enzim?

Enzim berasal dari bahasa Yunani enzumos yang artinya mempengaruhi perubahan. Kata ini digunakan karena sifat enzim membawa perubahan. Contoh, buah yang semula masih mentah kemudian berubah menjadi matang karena adanya enzim dalam buah tersebut, seperti dikutip dari Terapi Enzim karya Adji Suranto.

Selain dalam buah, enzim juga berada dalam tubuh setiap makhluk hidup. Dalam sistem kehidupan, enzim memiliki sifat dan peran sebagai biokatalisator. Biokatalisator adalah katalisator organik yang dihasilkan sel untuk mempercepat reaksi-reaksi biologi tanpa mengalami perubahan struktur kimia.

Selain sebagai biokatalisator, enzim memiliki beberapa sifat lain yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut penjelasan sifat-sifat enzim seperti dikutip dari Mudah dan Aktif belajar Biologi karya Rikky Firmansyah.

Sifat Enzim

1. Selektif

Enzim bersifat selektif karena hanya dapat bekerja pada substrat tertentu. Namun, selain substratnya, enzim dapat juga berkaitan dengan zat penghambat (inhibitor).

2. Spesifik

Enzim bersifat spesifik karena enzim hanya dapat mengkatalis reaksi tertentu. Dapat dikatakan, satu jenis enzim bekerja untuk satu jenis reaksi.

3. Efisien

Dengan adanya enzim yang bersifat sebagai katalis, artinya energi aktivasi suatu reaksi dapat diturunkan. Efisiensi tersebut memudahkan reaksi dan menghemat energi yang dibutuhkan untuk memulai reaksi.

4. Enzim sebagai protein

Karena terbuat dari protein, enzim juga memiliki sifat sseperti protein. Contoh, enzim akan kehilangan aktivitas jika pH terlalu asam atau basa kuat. Enzim juga akan bekerja pada suhu optimal.


5. Enzim dipengaruhi oleh faktor lingkungan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim adalah suhu, pH, aktivator atau pengaktif, dan inhibitor atau penghambat, serta konsentrasi substrat. Panas yang terlalu tinggi akan membuat enzim terdenaturasi sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

6. Enzim bekerja secara bolak-balik

Enzim dapat bekerja secara bolak-balik. Artinya, enzim dapat mengubah suatu senyawa menjadi senyawa lain, bahkan dapat menguraikan senyawa.

7. Bekerja di dalam dan luar sel

Enzim dapat bekerja di dalam maupun di luar sel. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, enzim tetap memiliki pengaruh yang cukup tinggi dalam proses kerja suatu sel.

8. Bekerja dengan bantuan zat non protein

Umumnya, kerja enzim dibantu oleh zat non-protein tambahan lainnya, seperti ion anorganik.

9. Enzim diperlukan dalam jumlah sedikit

Sesuai dengan fungsinya sebagai katalisator, enzim diperlukan dalam jumlah yang sedikit

10. Tidak ikut bereaksi

Enzim hanya mengubah kecepatan proses reaksi tetapi tidak ikut bereaksi, artinya enzim tidak mempengaruhi keseimbangan reaksi yang sedang terjadi dan tidak mengubah produk akhir yang dibentuk.

Nah, itulah penjelasan mengenai sifat enzim yang bekerja dalam tubuh kita. Tentunya sebagai katalis, enzim berfungsi dominan dan menyangkut seluruh aktivitas kehidupan manusia. Selamat belajar, detikers.



Simak Video "Novavax Klaim Vaksin Protein Terbukti Aman untuk Anak Usia 12-17 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/twu)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia