Kitab Zabur yang Diturunkan pada Nabi Daud Menggunakan Bahasa Apa?

Rosmha Widiyani - detikEdu
Kamis, 24 Feb 2022 06:00 WIB
Silhouette muslim dua to Allah over mosque sunset background
Ilustrasi nabi/Kitab Zabur yang diturunkan pada Nabi Daud menggunakan bahasa apa? Foto: Getty Images/iStockphoto/Boonyachoat
Jakarta -

Kitab Zabur adalah salah satu kitab suci yang diturunkan Allah SWT sebagai pedoman hidup hambaNya. Dikutip dari buku Rukun Iman karya Hudarrohman, Zabur diturunkan pada Nabi Daud saat berdakwah.

"Segala nikmat Tuhan yang dilimpahkan kepada Nabi Daud dan umatnya ditulis dalam pujian di Kitab Zabur. Kitab ini menggunakan bahasa Qibti atau Qibthi ditujukan pada kaum Bani Israil," tulis buku tersebut.

Keberadaan Kitab Zabur tertulis dalam Al Quran surat Al Isra ayat 55

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ ٱلنَّبِيِّۦنَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَءَاتَيْنَا دَاوُۥدَ زَبُورًا

Arab latin: Wa rabbuka a'lamu biman fis-samāwāti wal-arḍ, wa laqad faḍḍalnā ba'ḍan-nabiyyīna 'alā ba'ḍiw wa ātainā dāwụda zabụrā

Artinya: "Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Daud."

Kitab Zabur juga disebutkan di QS Asy Syuara ayat 196

وَإِنَّهُۥ لَفِى زُبُرِ ٱلْأَوَّلِينَ

Arab latin: Wa innahụ lafī zuburil-awwalīn

Artinya: "Dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar (tersebut) dalam Kitab-kitab orang yang dahulu."

Dikutip dari buku Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII karya Drs H Masan AF, M Pd , Kitab Zabur dengan bahasa Qibti berasal dari kata zabara yang artinya menulis. Selain berisi nikmat pemberian Allah SWT, Zabur juga memberitahu kedatangan nabi selanjutnya.

Alasan diturunkannya Kitab Zabur adalah:

1. Kabar gembira pewarisan bumi pada hamba yang saleh.

2. Peringatan agar manusia tidak mengingkari Allah SWT.

3. Pelajaran pada manusia untuk mengambil hikmah dari kehidupan sehari-hari.

4. Peringatan agar manusia selalu memuji dan bersyukur kepada Allah SWT.

5. Penjelasan dan peringatan kebaikan akan dibalas dengan pahala dan kebahagiaan, sedangkan kejahatan diganjar dosa dan siksa.

Semoga tulisan sekilas tentang Kitab Zabur yang menggunakan bahasa Qibti bisa meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keimanan kita.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia