Contoh Teks Tanggapan Deskriptif Dilengkapi Strukturnya, Yuk Ketahui!

Nikita Rosa - detikEdu
Senin, 14 Feb 2022 11:00 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menulis surat
Ilustrasi menulis contoh teks tanggapan deskriptif. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Teks tanggapan deskriptif adalah teks yang berisi tentang deskripsi atau gambaran tentang suatu objek. Untuk lebih jelasnya, simak contoh teks tanggapan deskriptif berikut ini.

Dilansir dari Sumber Belajar Kemdikbud, dalam teks tanggapan deskriptif, penggambaran suatu objek digambarkan secara rinci dengan melibatkan kesan indra. Kesan tersebut digunakan untuk memudahkan pembaca mengetahui bagian yang diceritakan.

Hal-hal yang diceritakan harus berdasarkan fakta yang berkaitan dengan ciri-ciri objek, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek. Dengan begitu pembaca atau pendengar dapat mengalami sendiri sesuai dengan apa yang dibaca atau didengar.

Struktur Teks Tanggapan Deskriptif

Dalam Buku Mahir Berbahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs oleh Penerbit Erlangga, teks tanggapan deskriptif memiliki struktur yang terdiri atas identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.

1. Bagian Identifikasi

Identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut.

2. Bagian Klasifikasi

Klasifikasi berisi pengelompokan berdasarkan jenis, kelompok, dan sebagainya.

3. Bagian Deskripsi

Deskripsi berisi penjelasan dari bagian-bagian objek secara deskriptif.

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Dilansir dari Sumber Belajar Kemdikbud, berikut contoh teks tanggapan deskriptif tentang tari piring lengkap dengan strukturnya.

Contoh teks tanggapan deskriptif tentang tari piring

  • Contoh teks tanggapan deskriptif bagian identifikasi:

Dahulu tari ini digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Penjelasan: Kalimat tersebut menyebutkan ciri-ciri dan tanda tari piring. Hal ini yang menjadikannya sebagai bagian identifikasi suatu objek.

  • Contoh teks tanggapan deskriptif bagian klasifikasi:

Tari piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan tari piring adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Penjelasan: Kalimat tersebut mengandung kata 'adalah'. Hal ini menunjukkan bahwa paragraf ini adalah paragraf berisi definisi dan klasifikasi.

  • Contoh teks tanggapan deskriptif bagian deskripsi:

Kumpulan rebana yang mengiringi dan mengarak pasangan pengantin diberi tanggung jawab untuk mengiringi persembahan tari piring. Jumlah penari biasanya berjumlah ganjil yang terdiri atas tiga sampai dengan tujuh orang.

Penjelasan: Kalimat ini berisi penjelasan tari piring secara rinci. Hal ini menunjukkan bahwa paragraf di atas merupakan paragraf bagian deskripsi.

Agar lebih memahami teks tanggapan deskriptif, simak contoh lainnya yang lebih lengkap tentang pembelian pesawat kepresidenan Indonesia.

Contoh teks tanggapan deskriptif tentang pembelian pesawat kepresidenan Indonesia

Keinginan pemerintah Indonesia untuk memiliki pesawat khusus kepresidenan sudah lama ada. Sekarang keinginan pemerintah tersebut sudah direalisasikan meskipun mendapat tanggapan yang beragam dari masyarakat. Pesawat berkategori Boeing Business Jet 2 (BJJ2) 737-800 itu sudah berada di tanah air sejak Kamis, 10 April 2014. Dengan gagah pesawat modern itu mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma.

Meskipun tidak semewah Air Force One, pesawat tersebut tetap merupakan pesawat baru dengan perlengkapan baru yang modern. Warna pesawat itu didominasi biru di punggungnya dan putih di lambungnya. Garis lengkung merah putih sebagai garis batas dua bagian. Tulisan REPUBLIK INDONESIA terpampang di sisi kanan dan kiri pesawat. Ada banyak alasan yang memperkuat bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan.

Alasan ekonominya adalah pesawat tersebut memiliki biaya operasional yang sangat tinggi. Alasan sosialnya adalah pada saat rakyat belum terentaskan dari kemiskinan para pejabat menikmati fasilitas negara yang mewah. Alasan keamanan dan politiknya adalah saat ini dengan pesawat komersial keamanan pejabat masih dapat tertangani dengan baik. Penanggap sebenarnya sepakat dengan kesimpulan bahwa saat ini bukan waktu yang tepat untuk memiliki pesawat kepresidenan sendiri. Akan tetapi, alasan yang tepat sebagai tanggapan terhadap permasalahan tersebut juga merupakan hal yang sangat rasional. Penulis juga menambahkan jika pembelian pesawat kepresidenan sangat relevan dengan kebutuhan mobilitas, keamanan, kenyamanan, dan efektivitas kegiatan presiden yang sangat padat itu.

Itulah contoh teks tanggapan deskriptif dilengkapi dengan strukturnya. Bagaimana pendapat detikers tentang contoh teks tanggapan deskriptif di atas?



Simak Video "Tulisan Teks Proklamasi Soekarno Sempat Dibuang di Keranjang Sampah "
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia