Sejarah Seragam Polisi India yang Warnanya Disebut Mirip Satpam Indonesia

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 03 Feb 2022 13:00 WIB
Polisi India (AFP Photo)
Polisi India, yang warna seragamnya disebut mirip seragam baru satpam Indonesia. (AFP Photo)
Jakarta -

Polisi India sempat menjadi bahan perbincangan warganet. Pasalnya, warna krem seragam baru satpam (satuan pengamanan) yang diperkenalkan Polri, Selasa (2/2/2022), dianggap memiliki kemiripan dengan warna seragam milik polisi di India.

Perdebatan mengenai kemiripan warna kedua seragam tersebut mengundang komentar salah satu Anggota Komisi III DPR Supriansa. Ia meminta tidak mempermasalahkan hal itu dan menyebutnya sebagai poin positif bagi satpam Indonesia.

"Apa pun warnanya, meskipun mirip dengan warna baju polisi India, saya kira tidak ada masalah. Malah itu bagus, berarti pilihan warna baju sekuriti Indonesia sudah berkelas karena sudah selevel dengan baju polisi India," kata Politikus Golkar tersebut kepada wartawan, Rabu (2/2/2022).

Polri memperkenalkan seragam baru satpam tersebut dalam upacara HUT satpam ke-41 di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Warna seragam baru satpam tahun 2022 adalah krem dengan celana berwarna cokelat. Paduan warna inilah yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan polisi India.

Di negara para bintang Bollywood itu sendiri, warna seragam polisi bukan disebut dengan krem. Sebaliknya, warna seragam polisi disebut berwarna khaki, sebagaimana dikutip dari buku India Police karya Praveen Kumar.

Warna khaki untuk seragam polisi menurut orang India, diharapkan dapat menanamkan keramahan di kalangan masyarakat. Untuk diketahui, sebelum warna seragam polisi di India berwarna khaki, warna seragam mereka masih berwarna putih terutama saat periode penjajahan Inggris.

Lantas, seperti apa sejarah perubahan warna seragam polisi di India dari putih hingga menjadi khaki yang digunakan sampai sekarang?

Sejarah Warna Seragam Polisi India

Identitas seragam polisi India terletak pada warna seragamnya. Semula, Departemen Kepolisian India masih mengenakan seragam polisi berwarna putih, sebagaimana dikutip dari laman India Shorts.

"Ketika India berada di bawah kekuasaan Inggris, Pemerintah Inggris memperkenalkan posisi polisi untuk menjaga perdamaian dan mengendalikan gerakan sipil. Kemudian, dipilih warna seragam putih sebagai warna bangsawan yang kental bagi warga Inggris," tulis India Shorts.

Sayangnya, warna putih bagi polisi India itu tidak dapat berumur panjang. Meskipun dinilai sebagai warna bangsawan, warna putih dianggap mudah kotor untuk digunakan polisi India dalam mengerjakan tugas.

Mengingat kebersihan adalah perkara penting bagi penjajah Inggris tersebut, para polisi India kemudian mencoba mengecat seragam mereka dengan berbagai warna.

Alhasil, warna seragam menjadi berbeda-beda dan sulit dikenali. Hingga akhirnya para perwira Inggris memutar otak untuk mengakali warna seragam tersebut.

Tidak disengaja, saat Gubernur Northwest Frontier Sir Henry Lawrence tengah meresmikan pasukan Corps of Guide Force tahun 1846, ia melihat para perwiranya mengalami masalah yang sama dengan polisi India. Seragam putih yang mudah kotor untuk dikenakan bertugas.

Henry kemudian melihat salah perwira lainnya ada yang mengakali seragam miliknya dengan cat warna khaki. Diketahui, ternyata warna khaki untuk seragam polisi tersebut berasal dari pewarna daun teh. Mereka mencampurkan warna kuning pucat dan cokelat hingga menghasilkan warna khaki.

Warna yang tidak terlalu gelap namun mampu menutupi noda di pakaian. Untuk itulah pada tahun 1847, Henry mengumumkan secara warna khaki digunakan sebagai warna resmi seragam polisi India. Dengan demikian, seragam resmi Departemen Kepolisian India berangsur berubah dari putih menjadi khaki hingga saat ini.



Simak Video "Terlalu Mirip Seragam Polisi, Seragam Satpam Akan Diganti"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia