Makna dan Sejarah Krem, Warna Seragam Baru Satpam dari Polri

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 22 Jan 2022 18:00 WIB
Seragam Satpam
Seragam baru satpam yang berwarna krem, ternyata warna ini memiliki makna dan sejarahnya tersendiri. (Foto: Instagram Humas Polda Banten)
Jakarta -

Belum lama ini, Polri mengabarkan akan mengubah kembali warna seragam satuan pengamanan (satpam) dari coklat tua menjadi lebih muda atau krem. Ternyata, menurut situs pengetahuan simbol dan mitologi Symbol Sage, warna krem memiliki makna tersendiri dalam bidang pekerjaan maupun dunia mode.

Untuk seragam satpam dengan warna terbaru ini, Polri merencanakan untuk memperkenalkannya di hadapan publik pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam yang ke-41 pada Senin (31/1/2022) mendatang.

"Tanggal 31 Januari ini rencananya akan digelar Hari Ulang Tahun Satpam ke-41. Dan pada saat hari ulang tahun satpam tersebut akan diperkenalkan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam jumpa pers di Mabes Polri, Kamis (13/1/2022).

Ramadhan juga mengungkap, pemberlakuan seragam satpam ini masih menunggu Peraturan Polri (Perpol) terbit. Setelah disahkan, seragam baru satpam yang berwarna krem mulai berlaku 1 tahun kemudian.

Warna krem sendiri ternyata memiliki makna dan sejarahnya tersendiri. Seperti diungkap oleh Symbol Sage, secara umum warna krem memberikan kesan warna yang fleksibel, dapat diandalkan, dan menyenangkan.

A. Makna Warna Krem

Untuk dunia kerja, warna krem didefinisikan sebagai warna yang tenang, sederhana dan polos. Tidak jarang pula, warna krem menjadi simbol dunia kerja karena banyak digunakan dalam desain interior rumah, sekolah, kantor, dan rumah sakit.

"Ini (warna krem) adalah simbol dari dunia kerja. Bahkan komputer pertama dirancang dengan warna krem," tulisnya.

Sementara itu, penggunaan warna krem di dunia fashion dapat merujuk pada banyak makna. Warna krem dianggap memiliki kesan profesional, berwibawa, dan bertanggung jawab.

Di sisi lain, krem juga cocok digunakan saat berbaur dengan keramaian tanpa harus menjadi paling menonjol.

Meskipun sejumlah orang masih menganggap krem sebagai warna yang monoton, namun para desainer dunia berkata sebaliknya. Warna dengan tipe inilah yang dianggap abadi dalam dunia mode.

Warna krem dalam berpakaian juga dianggap netral. Baik dipadukan dengan semua warna kulit, maupun dipadukan dengan warna lain.

B. Warna Krem dalam Budaya

Warna krem dapat mengandung makna tersendiri bagi masing-masing budaya di dunia. Untuk budaya bangsa Timur, warna ini umumnya diasosiasikan dengan berkabung.

Sementara itu, bagi dunia Eropa, warna krem kerap dikaitkan dengan pedesaan, kepolosan, dan kemiskinan. Mirip dengan warna cokelat hingga dianggap sebagai salah satu warna yang paling tidak populer.

Lain lagi dalam horoskop China, warna krem yang lebih gelap dapat digunakan untuk menjelaskan kepribadian seseorang. Mereka menganggap warna krem yang lebih gelap cenderung mendefinisikan sosok yang rajin dan membumi.

C. Sejarah Warna Krem

Kata krem pertama kali lahir di Perancis pada pertengahan abad ke-19. Kata ini digunakan untuk merujuk warna sebuah kain wol yang memiliki warna mirip dengan krim.

Meskipun demikian, warna krem sebenarnya telah familiar di kalangan masyarakat selama ratusan tahun lamanya. Namun, istilah penamaan yang merujuk pada warna krem dalam bahasa Inggris baru muncul pada 1887.

Bukti warna krem telah hadir pada ratusan tahun lalu sebelum istilah penamaannya lahir dapat terlihat di dalam lukisan prasejarah Gua Lascaux di Perancis. Para seniman kala itu sudah mencampurkan warna cokelat, kuning, dan abu-abu atau putih bersamaan untuk menghasilkan warna cokelat yang lebih terang, lebih gelap, dan lainnya.

Hingga tahun 2010, berbagai varian warna coklat mulai lebih banyak lagi ditemukan. Saat ini, krem menjadi warna yang sangat populer digunakan dalam dekorasi dan desain rumah.

Alasan utamanya, karena warna krem dianggap dapat memberikan keseimbangan yang baik antara ketenangan, netralitas, dan kenyamanan yang ideal untuk sebuah rumah.



Simak Video "Terlalu Mirip Seragam Polisi, Seragam Satpam Akan Diganti"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia