7 Channel YouTube Edukatif, Cocok untuk Belajar Anak

Kristina - detikEdu
Rabu, 02 Feb 2022 18:00 WIB
PARK CITY, UT - JANUARY 19:  A general view of atmosphere at the YouTube
Foto: Gettyimages - Andrew H. Walker
Jakarta -

YouTube menyajikan berbagai konten edukatif yang bagus untuk membantu tumbuh kembang anak. Tujuh channel ini dapat dijadikan media belajar menyanyi untuk si kecil.

YouTube merupakan situs video sharing yang didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada tahun 2005 silam. Ketiganya merupakan mantan karyawan perusahaan e-commerce Amerika, PayPal. Setahun kemudian, perusahaan teknologi, Google, resmi membeli YouTube.

Sejumlah penelitian menunjukkan, YouTube menjadi salah satu platform populer yang digunakan untuk mengakses berbagai video pendidikan atau untuk tujuan hiburan pada anak-anak. Penelitian lain menunjukkan, platform ini disukai oleh anak-anak usia prasekolah atau di bawah lima tahun (balita).

Dikutip dari YouTube & Young Children: Research Concerns and New Directions yang disusun oleh Burcu Izci et al, studi riset pemasaran terbaru yang dilakukan terhadap anak-anak di Amerika Serikat melaporkan, sebagian besar anak-anak (96 persen) antara 6-12 tahun mengetahui YouTube dan lebih dari 80 persen anak-anak tersebut menggunakan YouTube di kehidupan sehari-hari.

Channel YouTube Bernyanyi untuk Belajar Anak

Beberapa channel YouTube menyajikan lagu yang berisi cerita dan materi-materi pelajaran dasar, seperti kosakata dan berhitung. Tak heran jika platform ini cocok untuk belajar. Berikut rekomendasi channel yang bagus untuk anak:

1. Cocomelon - Nursery Rhymes

Cocomelon - Nursery Rhymes merupakan salah satu channel yang cukup populer di kalangan anak-anak. Channel ini menyajikan lagu edukasi yang dapat digunakan untuk mengenal aktivitas dan lingkungan sekitar.

Selain liriknya yang edukatif, CoComelon menyajikan visual yang menarik, yakni dengan animasi 3D untuk menggambarkan dunia keseharian anak-anak. Melalui channel ini, anak-anak dapat belajar huruf, angka, suara binatang, warna, dan banyak hal lainnya.

2. Pinkfong Baby Shark

Pinkfong Baby Shark menyajikan video bernyanyi dalam bahasa Inggris yang dibuat oleh pakar di dunia pendidikan untuk anak prasekolah. Salah satu lagu yang populer adalah Baby Shark Dance yang dirilis lima tahun lalu.

Lima channel YouTube yang dapat membantu belajar anak lainnya bisa di baca DI SINI ya, detikers!



Simak Video "Saat Elon Musk Kritik YouTube Pakai Meme Patrick"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia