Imlek 2022, Apa Ya Arti Shio Macan Air pada Tahun Ini?

Anatasia Anjani - detikEdu
Selasa, 01 Feb 2022 16:00 WIB
Beragam dekorasi sambut Imlek ramai diburu warga. Di Hong Kong, Fai Chun yang merupakan kertas yang berisi berbagai harapan di tahun baru pun jadi primadona.
Ilustrasi Imlek 2022 yang merupakan tahun macan air. (AP Photo/Kin Cheung)
Jakarta -

Hari Raya Imlek tahun 2022 disebut sebagai tahun macan air. Menurut kepercayaan China, hal itu disebut dengan shio atau horoskop binatang yang dianggap dapat memengaruhi hidup seseorang, seperti dikutip dari buku Melejitkan Karier dan Bisnis Berdasarkan Shio ole Lina Wang.

Macan air atau shio dari tahun 2022 ternyata melambangkan raja binatang dalam budaya China. Macan juga dianggap memiliki kekuatan yang besar, keberanian, serta mengusir kejahatan.

Mengutip laman media Australia ABC Everyday, berikut ulasan lebih lanjut mengenai shio macan air pada tahun baru China ini.

Macan air simbol keberanian dan perubahan

Menurut ilmuwan dari Departemen Budaya China di Melbourne University, Delia Lin menjelaskan ada beberapa prinsip dari simbol macan air. Lin berpendapat, setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda terhadap budaya. Jadi, kepercayaan terhadap shio macan air bergantung dari masing-masing interpretasi orang tersebut.

Lin menjelaskan macan dalam budaya China merupakan zodiak. Jadi, masyarakat China terbiasa mengharapkan sesuatu tiap tahunnya dalam perayaan tahun baru.

Interpretasi dari Lin sendiri mengenai tahun macan ini adalah tahun yang dapat memberikan perubahan. Sekaligus, mendorong keberanian bagi seseorang dalam menghadapi kesulitan.

"Tahun ini (diyakini) akan membawa perubahan baru dan mendorong seseorang untuk mengatasi semua tantangan maupun kesulitan yang akan dihadapi," ujar Lin.

Di sisi lain, dosen kebudayaan China dari Deakin University, Fengqi Qian mengatakan macan menduduki posisi yang spesial dalam budaya China. Macan dianggap sebagai raja dari semua hewan dalam mitologi dan budaya China.

Untuk itulah, macan dilambangkan sebagai keberanian, percaya diri, kepemimpinan, dan kekuatan. Bahkan, disebut sebagai shio binatang yang dianggap membawa keberuntungan, kesejahteraan, dan kesehatan.

"Orang percaya, tahun harimau akan memberikan kesempatan bagi seseorang dalam membuka lembaran baru. Khususnya dalam aspek kekuatan dan semangat baru," kata Qian.

Sedikit informasi, shio dalam kepecayaan China diambil berdasarkan kalender dengan sistem penanggalan China. Kalender China tersebut mengandung dua elemen penting yang perlu diketahui, yaitu heavenly stem (elemen langit) dan earthly branches (elemen bumi). Nah, elemen bumi inilah yang terdiri dari 12 shio seperti yang kita kenal.

Kedua belas shio itu pula yang kerap diasosiasikan dengan berbagai macam binatang, seperti macan air pada Imlek 2022 ini. Binatang yang termasuk dalam representasi shio-shio tersebut di antaranya adalah tikus, lembu, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam jago, anjing, dan babi.

Happy lunar new year 2022 atau selamat tahun baru Imlek 2022, detikers!



Simak Video "Ikut Rayakan Imlek, 'Gatotkaca' Bagi-bagi Sego Berkat di Klenteng"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia