7 Tradisi Imlek yang Unik di Berbagai Negara, Mengecat Rumah hingga Beli Nanas

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 31 Jan 2022 19:00 WIB
Dua anak bermain dengan latar belakang hiasan lampion di Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (27/1/2022). Perayaan Imlek 2022 dan Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat akan dilaksanakan secara terbatas sesuai aturan PPKM yang berlaku. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.
Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A/Lampion di Singkawang, Indonesia
Jakarta -

Tahun baru Imlek selalu ditunggu-tunggu bagi orang Tionghoa di seluruh penjuru dunia. Termasuk berbagai perayaan atau tradisi unik yang kerap dilakukan.

Tahun ini, Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari 2022 ini. Sederet perayaan pun sudah mulai terdengar dari berbagai penjuru dunia. Mulai dari gelaran festival serba budaya China hingga melepaskan lampion sebagai simbol penerangan orang China.

Mengutip CNN Indonesia dan China Travel, berikut ini 7 tradisi Imlek unik di berbagai negara.


7 Tradisi Imlek Unik dari Berbagai Negara:


1. Pintu Depan Rumah Dicat Merah - China

Warna merah sangat identik dengan perayaan tahun baru Imlek. Masyarakat China percaya bahwa dengan mengecat pintu rumah depan dengan warna merah akan mendatangkan keberuntungan dan kebahagiaan.

Selain mengecat pintu, masyarakat juga kerap meletakkan guntingan pita merah di jendela dan pintu sebagai tanda keberuntungan untuk tahun yang akan datang.


2. Memberi Hadiah Dua Buah Jeruk - Singapura

Mengutip laman China Travel, di Singapura, orang mengunjungi teman dengan hadiah Tahun Baru berupa dua jeruk dalam kantong kertas halus.

Seorang tamu memberikan dua jeruk kepada tuan rumah saat memasuki rumah, untuk mengungkapkan berkah ganda keberuntungan dan keberuntungan besar. Hal ini karena ada kepercayaan terhadap sentimen bahwa hal baik datang berpasangan.


3. Membeli Nanas - Malaysia

Di Malaysia, ada kebiasaan dari Festival Musim Semi yang mirip dengan China. Salah satunya adalah membeli buah nanas. Bagi orang Malaysia, buah nanas dipandang sebagai buah keberuntungan di Tahun Baru Imlek.


4. Konser Bergaya China - Australia

Kota-kota besar di seluruh Australia akan terjun untuk merayakan festival besar Tiongkok ini. Kegiatan tahun baru Imlek tersebut antara lain pertunjukan kembang api yang indah di Sydney Harbour, Parade Festival Musim Semi dengan ribuan orang, konser gaya China di Sydney Opera House, serta Karnaval Tahun Baru Melbourne dan lomba perahu naga.


5. Membuat Kue Chung - Vietnam

Selanjutnya di Vietnam, perayaan Imlek biasanya dilakukan dengan membuat kue tradisional bernama kue Chung. Anggota keluarga akan berkumpul dalam satu meja bersama-sama membuat kue Chung yang terbuat dari ketan, kacang hijau dan daging babi.


6. Bermain Permainan Tradisional - Korea Selatan

Tahun baru Imlek di Korea Selatan sering dirayakan dengan bersenang-senang. Cara merayakannya pun unik dan berbeda. Keluarga dan teman-teman akan berkumpul di malam tahun baru Imlek untuk bermain permainan tradisional bernama Yut Nori.

Selain itu, warga Korea Selatan juga mengonsumsi Mochi dalam perayaan Imlek. Mochi dalam Imlek ini memiliki makna teman dan keluarga yang akan selalu berkumpul bersama di tahun yang baru.


7. Melepaskan Lampion - Indonesia

Tidak kalah unik dan seru dari negara lain, beberapa wilayah di Indonesia memiliki kebiasaan membuat hiasan lampion untuk di rumah maupun di kelenteng. Selain itu, ada juga festival melepaskan banyak lampion saat perayaan malam tahun baru Imlek.

Untuk tahun 2022 sendiri, beberapa wilayah di Indonesia yang akan merayakan Imlek dengan festival lampion, antara lain Surabaya, Solo, Bogor, Semarang, Singkawang, Tangerang, hingga Jakarta.



Simak Video "Meriahnya Perayaan Tahun baru Imlek di Kota Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia