5 Jenis Makanan yang Awet Disimpan, Siswa Bisa Hemat Bertahun-tahun!

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 31 Jan 2022 18:30 WIB
ilustrasi honey comb
Ilustrasi madu, salah satu makanan dengan daya simpan yang tahan lama. (Thinkstock)
Jakarta -

Bahan makanan memiliki tenggat waktu tertentu untuk dikonsumsi. Makanan yang mendekati tenggat waktu tertentu atau waktu kedaluwarsa biasanya memiliki rasa yang tidak enak jika dimakan, bahkan bisa berbahaya bagi tubuh.

Namun, detikers tahukah kalian jika ada beberapa bahan makanan yang tahan lama. Hal ini dikarenakan makanan-makanan tersebut memiliki zat-zat khas yang membuat mereka menjadi awet.

Pada madu, misalnya, rahasia di balik masa simpan madu yang abadi adalah kandungan gula alaminya yang tinggi. Selain itu, madu juga bersifat asam, sehingga bakteri tidak memiliki kesempatan untuk berkembangbiak.

Simak penjelasan jenis-jenis makanan dengan daya simpan yang tahan lama berikut seperti dilansir dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek):

5 Makanan dengan Daya Simpan Tahan Lama

1. Madu

Madu memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga madu memiliki masa simpan yang abadi. Adapun, madu juga memiliki sifat asam yang menyebabkan tidak ada bakteri yang menempel pada madu.

2. Pasta Kering

Pasta dapat bertahan selama 2 hingga 3 tahun jika disimpan dengan cara yang benar. Daya simpan pasta kering juga akan bertambah hingga 8-10 tahun apabila disimpan dalam wadah tertutup yang sejuk dan kering.

3. Susu Bubuk

Biasanya susu sapi asli hanya dapat bertahan selama 2 minggu ketika di simpan dalam kulkas. Namun berbeda dengan susu bubuk. Susu kering penuh lemak ini hanya dapat bertahan 2 hingga 5 tahun. Sedangkan susu kering tanpa lemak dapat awet hingga 25 tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering.

4. Kopi Instan

Makanan yang tahan lama selanjutnya adalah kopi instan. Kopi instan dapat bertahan hingga 20 tahun pada suhu kamar.

Selain itu jika kalian menyimpan dalam kulkas, kopi instan tidak akan kedaluwarsa. Sementara itu, kopi bubuk dengan krim hanya dapat bertahan hingga 18-24 bulan.

5. Beras Putih

Beras putih jika disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering di dalam wadah yang kedap udara dapat bertahan hingga 30 tahun. Sedangkan bila disimpan di dalam lemari es, beras dapat tetap segar selamanya.

Nah, itulah makanan yang tahan lama jika disimpan dengan benar. Jadi simpan makananmu dengan benar ya, detikers!



Simak Video "Awas! Makanan Tanpa Label Kedaluwarsa Masih Beredar di Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia