Apa Mata Uang Negara Filipina? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Rabu, 26 Jan 2022 18:15 WIB
A man walks past a currency exchange board in Buenos Aires financial district, Argentina August 30, 2018. REUTERS/Marcos Brindicci
UANG PESO. Foto: dok. Reuters
Jakarta -

Filipina merupakan negara kepulauan yang berada di kawasan Asia Tenggara. Filipina menggunakan bahasa Tagalog dan Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari. Selain itu, bahasa Cebuano dan Iloko juga digunakan di Filipina.

Mata uang negara Filipina adalah peso. Sedangkan lagu kebangsaannya adalah Lupang Hinirang. Filipina merdeka dan berdaulat sejak 12 Juni 1946. Sebelum merdeka, negara ini pernah dijajah oleh Spanyol, Amerika Serikat, dan Jepang.

Melansir dari buku Pasti Bisa Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas VI karya Tim Tunas Karya Guru, berikut adalah kenampakan alam dan keadaan sosial dari negara Filipina.

Kenampakan Alam

Negara Filipina merupakan negara kepulauan yang luasnya mencapai 300 ribu km persegi. Filipina memiliki tujuh ribu pulau, ada dua pulau penting di Filipina yaitu Pulau Luzon di bagian utara dan Mindanao di bagian selatan.

Di sebelah utara Filipina berbatasan dengan Laut Cina Selatan sedangkan di sebelah timurnya berbatasan dengan Samudra Pasifik. Di sebelah selatan, Filipina berbatasan dengan Laut Sulawesi, sebelah barat juga berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Filipina juga termasuk dalam jalur gunung api Sirkum Pasifik sehingga banyak memiliki gunung api yang aktif. Adapun, gunung tertinggi di Filipina adalah Gunung Apo yang terdapat di Pulau Mindanao.

Keadaan Sosial

Mata uang negara Filipina adalah peso. Selain itu penduduk asli Filipina adalah keturunan Melayu dan sebagian suku Mestizo (percampuran antara suku Indian dan Spanyol), suku Negrito, dan suku Moro.

Bahasa resmi dari negara ini adalah Tagalog, warga Filipina juga bisa berbahasa Inggris. Sebagian besar penduduk Filipina memiliki mata pencaharian di bidang pertanian. Hasil pertaniannya yang umum adalah padi, kelapa, serat abaka, nanas, dan tebu.

Secara sejarah Filipina merupakan koloni dari Kerajaan Spanyol selama 256 tahun (1565-1821). Pada tahun 1898, terjadi perang antara Spanyol dan Amerika Serikat di Filipina. Dalam pertempuran tersebut Amerika Serikat berhasil mengalahkan Spanyol.

Kemudian Filipina berhasil memperoleh kemerdekaannya secara de facto pada 4 Juli 1946. Kemerdekaan Filipina sama seperti kemerdekaan Amerika Serikat.

Sedangkan untuk agama di Filipina juga dipengaruhi oleh Spanyol karena bekas negara jajahannya. Tradisi Katolik Roma sangat berpengaruh di negara Filipina. Jadi mata uang negara Filipina adalah peso ya detikers, sudah paham kan penjelasan mengenai negara Filipina?



Simak Video "Kisah Yudo Trader 16 Tahun yang Cuan Miliaran dari Kripto"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia