Apa Mata Uang dari Negara Vietnam? Ini Jawabannya

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 30 Des 2021 14:15 WIB
Dong Mata Uang Vietnam.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Mata uang dari negara Vietnam dan sekilas tentang bentang alam serta sejarahnya. Foto: dik
Jakarta -

Negara Vietnam pada awalnya terdiri dari Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Pada tahun 1979, kedua negara tersebut menjadi satu negara yang disebut dengan Republik Sosialis Vietnam.

Mata uang negara Vietnam adalah Dong. Vietnam menggunakan bahasa seperti nama negaranya ditambah Perancis, Cina, Inggris, Khmer, dan Monkhmer. Vietnam memiliki lagu kebangsaan Tien Quanca.

Negara tersebut pernah dikuasai Perancis dan Amerika Serikat. Kepala negara Vietnam adalah seorang presiden dan kepala pemerintahannya seorang perdana menteri. Ibukota Vietnam terletak di kota Hanoi.

Berikut penjelasan lengkap tentang mata uang Vietnam dan negaranya

A. Mata uang negara Vietnam

Melansir dari buku Cheating Southern Vietnam karya Rifki Ramadhan, mata uang dari negara Vietnam adalah dong (VND). Dong dinilai sebagai mata uang lemah dengan nilai konversi IDR 1 sama engan VND 2.

B. Batas-batas negara Vietnam

Batas-batas negara Vietnam adalah:

1. Sebelah utara: China

2. Sebelah timur: Teluk Tonkin dan Laut Cina Selatan.

3. Sebelah Selatan: Laut Cina Selatan.

4. Sebelah barat: Laos dan Kamboja.

C. Sungai dan gunung di Vietnam

Di Vietnam terdapat sungai-sungai yang bermuara di Laut Cina Selatan dan Teluk Tonkin. Di Vietnam juga terdapat gunung-gunung yaitu Gunung Fan Si Pau, Gunung Cota Roun, dan Gunung Nui Hon Dien.

D. Perekonomian Vietnam

Mata pencaharian utama penduduk di Vietnam yaitu di bidang pertanian. Dengan hasil bumi antara lain padi, jagung, kapas, tebu, teh, dan buah-buahan. Negara ini juga memiliki hasil industri yaitu tekstil, semen, pupuk, dan ban serta pertambangan yang terdiri dari emas, bijih besi, timah, fosfat, dan kapur.

E. Sejarah Singkat Vietnam

Sebelum merdeka, Vietnam pada awalnya pernah didominasi oleh negara China. Peninggalan kebudayaan China terlihat pada bangunan historis peninggalan zaman dahulu seperti kuil, tempat doa, yang masih memakai simbol-simbol maupun tulisan Mandarin.

Pada pertengahan abad ke 19 tahun 1857, Perancis mulai menjajah Vietnam. Invasi Prancis berlangsung cukup lama hingga akhirnya Vietnam berhasil mengusirnya pada tahun 1945. Peninggalan Prancis terlihat dari banyaknya bangunan klasik kolonial, juga dari masakan-masakan Prancis yang banyak dijual di pinggir jalan seperti roti bagel.

Selain itu perang melawan Amerika juga menorehkan sejarah singkat di Vietnam. Berbagai museum seperti artefak perang, bunker, dan berbagai peninggalan sejarah perang Vietnam dengan Amerika yang dapat ditemukan di Ho Chi Minh dan Hanoi. Semoga penjelasan mata uang dari negara Vietnam dan sekilas tentang negaranya bisa menambah pengetahuan detikers.



Simak Video "Kisah Yudo Trader 16 Tahun yang Cuan Miliaran dari Kripto"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia