Warna Biru Bendera Prancis Berubah Jadi Lebih Gelap, Gegara Apa Ya?

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 03 Des 2021 15:30 WIB
Kenapa warna bendera Prancis berubah?
Kenapa warna bendera Prancis berubah? Foto: Unsplash/Alice Triquet
Jakarta -

Warna biru pada bendera Prancis berubah menjadi warna darker navy. Presiden Prancis Emmanuel Macron rupanya sudah mengibarkan bendera negara tricolore atau triwarna versi terbaru ini di Élysée Palace sejak Juli 2020.

Namun, perubahan ini dikabarkan tidak disadari warga Prancis hingga diumumkan pemerintah pada 14 November 2021.

Staf kepresidenan Prancis mengatakan, jenis warna biru baru di bendera Prancis kini dibuat lebih mirip dengan bendera yang digunakan sejak masa Revolusi Prancis sekitar abad ke-18. Bendera Prancis saat itu digunakan sebagai simbol revolusi, seperti dikutip dari The Guardian.

Perubahan resmi warna bendera Prancis tersebut pertama kali terjadi pada tahun 1976. Saat itu, Presiden Valery Giscard d'Estaing mengubah palet warna bendera agar lebih dekat dengan warna biru jenis marian blue di bendera Uni Eropa. Lantas, kenapa warna biru bendera Prancis berubah lagi?

Kenapa Warna Biru Bendera Prancis Berubah

Staf kepresidenan Prancis mengatakan, perubahan warna bendera ini didorong Direktur Operasional Presiden Macron, Arnauld Jolens, dan penasihat Bruno Roger-Petit, dan dorongan para staf angkatan laut yang saat itu menjadi Kepala Staf Militer Élysée. Menurut staf kepresidenan Prancis, ada sejumlah alasan yang melatari perubahan warna bendera negara ini.

Kembali ke Simbol Revolusi Prancis

Menurut staf kepresidenan Prancis, warna navy blue dianggap lebih elegan dan perubahannya menjadi upaya kembali terhubung dengan simbol Revolusi Prancis.

Di balik pernyataan resmi tersebut, beberapa teori di masyarakat berpendapat, warna biru yang kini jauh dengan warna biru bendera Uni Eropa menyiratkan keretakan hubungan Prancis dengan Uni Eropa. Namun, pemerintah Prancis menyangkal teori ini.

"Tidak ada 'blue war', itu tidak masuk akal," kata perwakilan pemerintah Prancis, dikutip dari The Guardian, (15/11/2021).

Masyarakat Tidak Ngeh

Pergantian warna bendera negara ini tidak disadari warga Prancis dan tidak diperbincangkan di media sebelum staf kenegaraan mengungkapkan ke publik. Dikutip dari Euronews, rupanya hal ini disebabkan Prancis sudah menggunakan tone warna bendera lebih terang dan lebih gelap bergantian sesuai acara.

Warna Merah Ikut Berubah?

Orang yang menyadari perubahan warna bendera Prancis lalu juga mendiskusikan kemungkinan perubahan warna merah pada bendera tersebut. Sebab, warna merah di bendera Prancis kini juga tampak lebih gelap.

Rupanya, warna merah di bendera tersebut tidak diganti sama sekali. Namun, warna merahnya tampak lebih gelap karena disandingkan dengan warna biru bendera Prancis yang berubah jadi navy gelap.



Simak Video "Momen Prabowo Bertemu Presiden Prancis Macron"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia