Titik Koordinat Nusantara, Calon Ibu Kota Baru Indonesia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 20 Jan 2022 09:00 WIB
Calon ibu kota baru diketahui bernama Nusantara. Keputusan tersebut berdasarkan pilihan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ditetapkan dalam UU IKN.
Rancangan istana negara di Ibu Kota Baru (IKN), Nusantara. Dimana lokasi dan titik koordinatnya? (Foto: dok. screenshot)
Jakarta -

Nusantara terpilih menjadi nama Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia sesuai dengan pilihan Presiden Jokowi. Hal ini disampaikan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat paripurna DPR, Senin (17/1/2021). Lantas, di mana letak titik koordinat ibu kota baru ini?

Calon ibu kota baru nantinya akan berlokasi di antara Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi ini sudah dipastikan oleh Suharso saat berkunjung ke titik nol pembangunan IKN dan titik lokasi Istana Negara beberapa waktu lalu.

"Insyaallah titik nol, titik istana Ibu Kota Negara baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur," kata dia, dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (19/1/2022).

Letak Nusantara bahkan disebut-sebut tepat berada di tengah-tengah Indonesia. Untuk itu, detikEdu menyajikan informasi mengenai lokasi detail dan titik koordinat untuk wilayah calon ibu kota baru berikut ini.

Lokasi dan Titik Koordinat Nusantara

A. Lokasi Detail Nusantara

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengumumkan bahwa lokasi Nusantara akan terletak di dua kabupaten di wilayah Kalimantan Timur. Tepatnya, di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara, lahan ibu kota baru berada di Kecamatan Samboja. Sebaliknya di Penajam Paser Utara, lahan untuk ibu kota baru terletak di Kecamatan Sepaku.

IKN di Kalimantan Timur ini meliputi wilayah total seluas kurang lebih 256.142 hektar. Dengan rincian, kawasan IKN seluas kurang lebih 56.180 hektar, termasuk kawasan inti pusat pemerintahan.

Luas wilayah tersebut juga disesuaikan dengan Rencana Induk IKN dan Rencana Tata Ruang KSN IKN. Selanjutnya, ada kawasan pengembangan IKN dengan luas kurang lebih 199.962 hektar.

Mengutip dari Rancangan Undang-undang (RUU) IKN yang pernah diterima detikcom, berikut ini batas-batas wilayah dari Nusantara:

  • Batas utara: Kecamatan Loa Kulu, Kecamatan Loa Janan dan Kecamatan Sanga-Sanga Kabupaten Kutai Kartanegara.
  • Batas selatan: Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara, Teluk Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Barat, Kecamatan Balikpapan Utara, dan Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan.
  • Batas barat: Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara.
  • Batas timur: Selat Makassar.

B. Titik Koordinat Nusantara

Badan Pusat Statistik (BPS) masing-masing kabupaten merilis letak astronomis dari Kecamatan Samboja dan Sepaku. Informasi lengkap titik koordinat keduanya adalah sebagai berikut:

  • Titik koordinat Kecamatan Samboja berada di 0°52'-1°08' LS dan 116°50'-117°14' BT.

  • Titik koordinat Kecamatan Sepaku berada di 00°54'43,78" LU dan 116°49'21,08" BT.

Untuk diketahui, pada tahun 2019, Presiden Jokowi pernah mengungkapkan alasan dari pemilihan lokasi Nusantara ini. Pertimbangannya yakni, risiko bencana rendah, lokasinya strategis berada di tengah-tengah Indonesia, dan memiliki infrastruktur yang relatif lengkap.

Selain itu, lokasi Nusantara juga disebut ideal karena berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang, yaitu Balikpapan dan Samarinda.

Simak Video 'UU IKN Disahkan-Ibu Kota Baru Bernama Nusantara':

[Gambas:Video 20detik]



(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia