Surah Ar Rum Ayat 21, Kenapa Sering Dipakai dalam Pernikahan?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Minggu, 16 Jan 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Al Quran
Ilustrasi Al Quran. (Foto: Dok. Shutterstock)
Jakarta -

Surah Ar Rum ayat 21 merupakan salah satu ayat Al Quran yang tidak asing lagi bagi sejumlah muslim. Pasalnya, ayat ini kerap digunakan sebagai petikan dalam undangan pernikahan kerabat muslim.

Atau pun, kerap kali disampaikan oleh sejumlah ustaz dan ustazah sebagai ceramah nasihat pada para pengantin. Hal ini mungkin menimbulkan pertanyaan bagi sejumlah muslim, khususnya terkait isi kandungan dari ayat ini.

Kenapa selalu digunakan dalam momen pernikahan? Apa kaitannya dengan isinya?

Sebelum masuk dalam isi kandungannya, perlu dipahami bahwa Surat Ar-Rum termasuk golongan surat Makkiyah yang terdiri dari 60 ayat. Surat ini masuk dalam urutan surat ke-30 untuk susunan mushaf Al Quran dan diturunkan sesudah surah Al-Insyiqaq.

Adapun bacaannya dapat disimak pada pemaparan berikut,

Surah Ar Rum Ayat 21, Latin, Beserta Artinya

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ - ٢١

Bacaan latin: Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir."

Kenapa Selalu Digunakan dalam Momen Pernikahan?

Untuk menjawab kaitan surah Ar Rum ayat 21 dengan pernikahan, dapat dilihat melalui penafsiran dari Al Quran Kementerian Agama (Kemenag) berikut. Menurut Kemenag, ayat ini menjelaskan tentang tanda kekuasaan Allah dalam hal penciptaan laki-laki dan perempuan.

Penciptaan laki-laki dan perempuan ini diciptakan Allah sedemikian rupa hingga menimbulkan daya tarik pada masing-masing. Hingga menuju pada hubungan puncak antara keduanya, yakni jenjang pernikahan. Semua hal tersebut telah masuk dalam ketetapan-Nya.

Ayat tersebut juga mengandung kata "mawaddah" dan "rahmah". Ada yang berpendapat hal itu ditujukan bagi anak muda dan orang tuanya. Ada pula yang menafsirkan "mawaddah" sebagai rasa kasih sayang yang makin lama terasa makin kuat antara suami istri.

Sementara itu, maksud dari kalimat "jenis kamu sendiri" dalam surah Ar Rum ayat 21 memiliki makna kesamaan dari sisi psikis dan fisik. Kesamaan itulah nantinya yang akan menumbuhkan perasaan mawaddah dan rahmah, kasih sayang dan perasaan cinta.

Surat Ar Rum ayat 21 pun mengandung ketentuan-ketentuan hidup dan doa suami istri untuk mencapai kebahagiaan hidup, ketenteraman jiwa, dan kerukunan hidup berumah tangga. Hal itulah yang membuat ayat 21 ini kerap dibacakan sebagai doa-doa dalam momen pernikahan.



Simak Video "KuTips: Tips Betah Baca Al-Qur'an Biar Khatam Pas Ramadan!"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia