16 Istilah Kekinian yang Masuk dalam KBBI, dari Gebetan, Julid hingga Meme

fahri zulfikar - detikEdu
Jumat, 14 Jan 2022 13:00 WIB
Sejumlah siswa SMA tengah memilih buku di Perpustakaan  Kota Administrasi Jakarta Timur, Jatinegara, Rabu (27/10/2021). Pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 layanan perpustakaan kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan serta pembatasan jumlah pengunjung.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kamus resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka.


Secara rutin, KBBI melakukan pembaruan dengan memasukkan kata baru seiring dengan banyaknya kata yang digunakan dalam percakapan sehari-hari.


Pembaruan atau pemutakhiran KBBI ini dilakukan dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Adapun pemutakhiran KBBI terakhir, dilakukan pada bulan Oktober 2021.


Merangkum laman resmi KBBI Kemdikbud, pada periode Oktober 2021 terdapat entri baru yang berupa istilah-istilah dari berbagai bidang ilmu. Di antara bidang-bidang ilmu tersebut adalah tata boga (aburage, baklava); perhotelan (arkade hotel, duvet); hukum (delik dolus, hak bezit); psikologi (ekofobia, hipomania); nama negara, bahasa, dan mata uang (Swedia, Katalan, taka); nama surah (Al-Lahab, Maryam); dan kata-kata umum lainnya.


Selain itu. terdapat juga perbaikan dan penambahan entri yang berhubungan dengan ikan, burung, serangga, dan mamalia dengan menyertakan narasumber dari Pusat Riset Biologi, BRIN.


Istilah-istilah yang berhubungan dengan wabah Covid-19, seperti epidemiolog, badai sitokin, juga dimasukkan sebagai tambahan entri baru.


Entri baru yang masuk KBBI tersebut tak hanya berhubungan dengan bidang tertentu, tapi juga kata-kata yang muncul dalam percakapan sehari-hari atau sering disebut dengan istilah kekinian atau gaul.


Nah, apa saja istilah kekinian yang masuk dalam KBBI? Berikut rangkumannya dikutip dari laman instagram BIPA Kemdikbud.


Kata-kata kekinian yang masuk KBBI:


1. Alay= anak layangan; gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian


2. Ambyar= bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi


3. Bokap= ayah


4. Cie= kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu


5. Gebetan= seseorang yang sedang ditaksir atau disukai


6. Julid= iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain


7. Kepo= rasa ingin tahu yang berlebihan tentang kepentingan atau urusan orang lain


8. Kicep= diam karena takut atau gelisah


9. Lebay= berlebihan


10. Mager= malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas


11. Maksi= makan siang


12. Meme= cuplikan gambar dari acara televisi, film, dan sebagainya atau gambar-gambar buatan sendiri yang dimodifikasi dengan menambahkan kata-kata untuk tujuan melucu dan menghibur


13. Nyokap= ibu


14. Pansos= panjat sosial; usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi


15. Pulkam= pulang kampung


16. Saltik= salah tik


Nah, itulah 16 istilah kekinian yang masuk dalam KBBI. Kalau detikers sering pakai yang mana?



Simak Video "Malaysia-Indonesia Sepakat Perkuat Bahasa Melayu"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia